Ditanya Soal Lebaran, Ahmad Dhani: Yang Jelas Kita Nggak Pesan Bipang

Tim detikHOT - detikHot
Selasa, 11 Mei 2021 09:03 WIB
Musisi sekaligus Politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani
Ditanya Soal Lebaran, Ahmad Dhani: Yang Jelas Kita Nggak Pesan Bipang. (Foto: Ismail)
Jakarta -

Ahmad Dhani sudah lama tak muncul di publik. Namun sekalinya terlihat, ia langsung melontarkan pernyataan mengejutkan yakni terkait bipang.

Ahmad Dhani terlihat datang ke acara film anaknya, Dul Jaelani. Tak sendiri, ia ditemani istrinya, Mulan Jameela.

Awak media kemudian mewawancarai Ahmad Dhani. Pentolan Dewa 19 itu ditanya mengenai persiapan Hari Raya Idul Fitri nanti.

Ahmad Dhani lalu berucap soal bipang. Bipang sendiri belum lama ini menjadi kontroversi usai diucapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Yang jelas kita nggak pesan bipang," kata Dhani saat ditemui di CGV Grand Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Ahmad Dhani juga mengatakan dirinya dan keluarganya tak akan memakan bipang. Bipang banyak dikenal sebagai kuliner babi panggang khas Kalimantan Barat.

"Yang pasti kita nggak makan itu," jelas Dhani.

Terkait bipang, ucapan Jokowi memang sempat viral. Ketika itu, ia memberi pidato berisi ajakan dan peringatan bangga dengan produk lokal. Jokowi mengimbau warga memesan kuliner khas daerah secara online, salah satunya bipang.

"Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," ujar Jokowi.

Juru Bicara (Jubir) Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, kemudian sempat menjelaskan soal bipang yang dimaksud Jokowi. Menurut Fadjroel bipang yang dimaksud Jokowi adalah bipang berbahan dasar beras.

Memang asal tahu saja, dalam khazanah kuliner Indonesia sendiri, ada beberapa makanan yang disebut bipang. Bipang bukan cuma diasosiasikan sebagai babi panggang saja.

Yang pertama sebutan bipang memang untuk makanan olahan babi panggang, yang populer dari Kalimantan Barat. Namun ada juga penyebutan bipang untuk kue beras di beberapa daerah.



Simak Video "Ahmad Dhani Ungkap Nominal Nafkah untuk Keluarga Korban Tabarakan Dul "
[Gambas:Video 20detik]
(mau/doc)