Vicky Zainal Alami KDRT Verbal hingga Ditolak Berhubungan Suami-Istri

Hanif Hawari - detikHot
Jumat, 07 Mei 2021 10:45 WIB
Vicky Zainal lapor ke Komnas Perempuan
Vicky Zainal mengaku mengalami KDRT verbal dari suami / Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta -

Vicky Zainal akhirnya mengungkapkan KDRT verbal yang dialaminya dari Mulyawan Setyadi. Selama 10 tahun menikah, Vicky Zainal ternyata selalu mendapatkan body shaming dari suaminya tersebut.

"Iya pernah ada body shaming kurang lebih seperti itu," ujar kuasa hukum Vicky Zainal, Ammy Surya, saat konferensi pers di kantornya di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Kamis (6/5/2021).

Ammy Surya menegaskan hanya KDRT verbal saja yang dialami oleh Vicky Zainal. Kliennya tidak pernah dipukul apalagi diancam oleh Mulyawan Setyadi.

"Nggak (ada penganiayaan) hanya psikis dan verbal," kata Ammy Surya.

"Saya tambahkan, kalau ancaman kan itu konotasinya negatif ya. Bahwa sampai dengan saat ini Vicky keadaannya nyaman, sehat tidak ada satu (pun) tekanan. Tapi memang ada pihak-pihak yang berusaha memperkeruh suasana," timpal tim kuasa hukum Vicky Zainal yang lainnya, Morris Pandiangan, dalam kesempatan yang sama.

Ada satu kalimat yang membuat Vicky Zainal begiu sakit hati. Ia dikatai gendut oleh Mulyawan Setyadi hingga ogah menyetubuhi sang istri.

Hal itu tercantum di dalam surat aduan Vicky Zainal ke Komnas Perempuan. Salah satu isi poinnya adalah mengenal kalimat tak elok yang diutarakan oleh Muliawan Setyadi kepada Vicky Zainal.

"Bahwa ucapan-ucapan kasar dari Teradu (Mulyawan Setyadi) kepada Pengadu ketika akan melakukan hubungan suami istri seperti, 'You look fat, I don't fu** you if you fat!'," bunyi poin utama pengaduan itu.

Selama ini, Vicky Zainal hanya bisa memendam masalah rumah tangganya seorang diri. Ia tak mau menceritakannya kepada orang lain termasuk keluarganya. Hal itu demi menjaga aib keluarga dan suaminya.

Namun lama kelamaan Vicky Zainal tak kuat menopang beban tersebut. Ia pun akhirnya 'meledak' hingga memberanikan diri untuk bersuara.

"Buat saya lebih baik ditelen sendiri dulu, karena kan untuk hal seperti itu lebih baik yang tahu yang kenal baik saya. Untuk yang lainnya saya nggak perlu cerita detail ke orang tua juga awalnya tapi pada akhirnya tahu," imbuh Vicky Zainal.

"Sabar ada waktunya, udah itu aja," pungkasnya.



Simak Video "Vicky Zainal Pendam Masalah Rumah Tanggalnya Selama 10 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/doc)