Kegiatan Uki Usai Cabut dari NOAH untuk Hijrah

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 30 Apr 2021 03:53 WIB
Uki Pamit dari NOAH
Uki eks NOAH Foto: detikcom
Jakarta -

Uki eks NOAH kini melepas statusnya sebagai artis. Cowok bernama lengkap Mohammad Kautsar Hikmat itu kini menikmati kehidupannya setelah memutuskan hijrah.

Suami dari presenter Metha Yuna memutuskan untuk mundur dari NOAH pada Agustus 2019. Menghilang dari industri musik, Uki eks NOAH ada kesibukan mulai dari menggagas gerakan 'Rumah Makan Gratis Uki Kautsar' dan acara sosial lainnya.

Uki eks NOAH juga menjadikan dagang sebagai mata pencariannya. Mantan gitaris NOAH itu kini mengembangkan usahanya di bidang pakaian muslim yang dia labeli Emka Clothing.

"Iya, saat ini saya berusaha lebih banyak menghabiskan waktu dengan beribadah dan kegiatan sosial. Selain itu saya juga sibuk dengan usaha clothing yang saya bangun. Saat ini saya fokus untuk mengembangkan pasar yang lebih luas dengan mengelola penjualan saya di berbagai marketplace melalui sakoo.id. Jadi waktu yang saya butuhkan lebih efisien," jelas Uki kepada wartawan.

Menggunakan sakoo.id juga bentuk dukungan Uki eks NOAH terhadap berbagai marketplace bikinan anak bangsa supaya bisa mendunia dengan mengangkat UMKM lokal.

Uki eks NOAH berharap apa yang dilakukannya saat ini bisa membawa berkah dan manfaat untuk orang lain. Dia juga ingin membuktikan untuk tidak pernah takut mengambil sebuah keputusan dan peluang baru.

"Jangan takut untuk memulai sesuatu yang baru. Dimulai dari hal kecil apabila ditekuni, insyaallah akan menjadi besar dan berkah," tukasnya.

Uki Kehilangan Hasrat Bermain Musik dan Berserah soal Finansial

Ketika Uki memutuskan untuk hengkang dari NOAH membuat banyak penggemarnya kaget dan tak menyangka. Bahkan saat diwawancara di JCC Senayan, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu, Uki mengaku tak lagi ada rasa ingin memainkan gitar.

"Masalahnya sebenarnya pengin fokus di sini (bisnis). Di sana (jadi musisi) sudah kehidupan yang lama," ujar Uki.

"Biarlah itu menjadi cerita saya sendiri mau diapain (gitar-gitar koleksinya) adalah sebuah cerita yang saya simpan sendiri, nggak perlu orang lain tahu alat-alat saya diapain. Itu tanggung jawab saya sendiri," tegas Uki.

Bahkan Uki tak menampik uang bisa datang kapan saja dengan jumlah yang banyak saat bermain band. Namun, setelah hengkang dan memilih hijrah, Uki tak lagi pusing memikirkan penghasilan.

"Saya keluar (dari NOAH) bukan karena hina dikeluarin. Ini sesuatu yang saya pilih, (makanya kalau ada yang bilang) 'Oh, kasihan jatuh miskin', kalaupun finansialnya turun itu sesuatu yang saya pilih, saya pilih jalan ini, saya tahu risikonya, saya nikmatin risikonya," tutur Uki.

Bahkan untuk masalah royalti, Uki sampai berkonsultasi dengan ustaz. Uki pun sangat memilah-milah untuk menerima royalti tersebut.

"Jadi kalau bisa royalti itu diambil karena takutnya kalau nggak diambil, itu dipakai sama orang dan itu nggak tahu buat apa. Beberapa ustaz juga bilang, ini nggak boleh diambil, atau mungkin harta mana yang antum bisa pertahankan mana yang halal mana yang haram. Atau kalau misalnya darurat, diambil secukupnya," jelas Uki eks NOAH.



Simak Video "Tebar Kebaikan di Masa Pandemi, Uki Eks NOAH Buka Rumah Makan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)