Marcell Darwin Cerita Kebingungan Pertama Kali Salat Jamaah

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 28 Apr 2021 03:40 WIB
marcell darwin
Marcell Darwin Foto: instagram
Jakarta -

Ini adalah Ramadhan tahun kedua Marcell Darwin sebagai mualaf. Selama belajar mempelajari Islam, Marcell Darwin mendapati banyak ilmu dalam kegiatan sehari-hari.

Marcell Darwin pernah berbagi kisah saat dirinya pertama kali mengikuti salat berjamaah. Saat itu, Marcell Darwin dan sang istri, Nabila Faisal tengah berada di kawasan Kemang.

"Gue pertama kali benar-benar salat jamaah, salat magrib di Kemang Village, dulu banget. Dia nggak kasih tau gue kalau salat jamaah harus rapat (safnya). Jadi pas mau salat ada imamnya di situ (di depan) karena gue merasa mualaf dan gue malu karena belum bisa apa-apa gue menjauh aja," cerita Marcell Darwin dalam channel YouTube-nya, The Darwins.

Melihat Marcell Darwin yang berdiri sendiri tidak masuk dalam saf, jamaah lain langsung mengajaknya bergabung. Akan tetapi, ajakan para jamaahitu membuat Marcell Darwin bingung.

"Sama orang-orang gue dipanggil-panggil, 'Sini, sini.' Gue takut dong. Kenapa? Maaf saya mualaf saya masih belum ngerti apa-apa," Marcell Darwin menceritakan respons yang dia berikan kepada jamaah lain yang mengajaknya masuk saf.

Beruntung, para jamaah itu memberikan pengertian pada Marcell Darwin. Sedangkan sang istri, Faisal Nabila saat itu salat di tempat jamaah perempuan.

"(Jamaah lain bilang) Nggak jadi kalau salat itu memang harus rapat, mepet (dalam saf). Gue yang, 'Oh kok Nabila nggak cerita sama gue?' Jadi gue malu sendiri," ungkapnya.

"Pas selesai salat, gue tanya sama dia (Nabila), 'Kenapa lu nggak bilang sama gue kalau salat jamaah itu harus mepet.' Dia yang ketawa-ketawa, oh iya lupa," imbuh Marcel menirukan ucapan Nabila.

Nabila Faisal pun menceritakan saat awal-awal jadi mualaf, Marcell Darwin memang lebih sering salat jamaah bareng dengannya. Ketika akan mengikuti salat berjamaah di luar, Nabila mengakui lupa memberikan penjelasan rinci kepada sang suami.

"Selama ini salat jamaah dia di depan, gue di belakang. Gue waktu itu di tempat cewek, Marcell di tempat cowok. Gue udah bilang dari awal sama dia kalau magrib ada yang imamin. Pertama kali lah dia jamaah. Bayangin aja di antara saf, saf, saf, dia di ujung sendiri, dia ditarik-tarik sama jamaah lain," cerita Nabila Faisal.

Ada juga pengalaman ketika melakukan salat jamaah dengan teman-temannya. Marcell Darwin baru mengetahui kalau setiap imam punya cara baca-bacaan salat yang berbeda.

"Jadi gue pernah salat jamaah sama teman gue. Jadi gue pernah ada salat jamaah 3 kali. Gue diimamin sama teman gue. Ada satu teman gue, pas salat sama dia kok bacaan dia lama banget. Teman gue yang satu ini (baca-bacaan salatnya) pakai irama dan bacaan surat pendeknya yang panjang. Gue ngikut aja," kenang Marcell Darwin.

"Tiba-tiba gue salat sama si B. Nah ini, bacaan gue belum selesai hah dia udah ganti gerakan salat. 'Kok lu baca cepet banget. Gue aja belum selesai. Dia (Nabila) yaudah yang penting lu ikutin imam aja," imbuhnya.

Marcell Darwin bingung akan hal itu karena khawatir salat yang dia jalani tidak diterima oleh Allah SWT.



Simak Video "Selamat! Marcell Darwin Resmi Jadi Ayah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)