Jeff Smith dan 4 Buku Soal Ganja yang Didalami Polisi

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 19 Apr 2021 19:20 WIB
Jeff Smith memakai baju tahanan dan diborgol sebagai tahanan narkoba Polres Jakarta Barat
Jeff Smith dan 4 Buku Soal Ganja yang Didalami Polisi. (Foto: Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Barat melalui Kapolres Kombes Pol Ady Wibowo menuturkan barang bukti terkait penangkapan Jeff Smith.

Selain 0,52 gram ganja yang disita terkait penangkapan Jeff Smith, Ady mengaku juga menemukan empat buku perihal ganja. Empat buku tersebut diakui milik Jeff Smith.

Kepada awak media pada jumpa pers yang digelar di Polres Metro Jakarta Barat, Senin (19/4/2021), Ady dan pihaknya masih mendalami penemuannya itu. Bagi Ady, penemuan itu termasuk hal yang menarik dari penangkapan Jeff Smith.

"Makanya tadi hal menarik kita menemukan empat buah buku yang berkaitan dengan tanaman ganja," ujar Ady.

"Nanti kita dalami, yang pasti sementara kita fokus kepada unsur pidana," lanjutnya.

Masih berkaitan dengan empat buku milik Jeff Smith itu, Ady kembali menegaskan pihaknya masih mendalaminya. Untuk saat ini, Ady dan timnya masih terfokus pada pasal dugaan penyalahgunaan narkoba.

"Jadi menang ini sedang kita dalami. Kita fokus pada unsur pasal penyalahgunaan," tegas Ady.

Sebelumnya, Kanit I Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Arif Purnama Oktora dalam keterangannya, Sabtu (17/4/2021), menjelaskan pihaknya menemukan empat buku bacaan perihal ganja. Buku-buku tersebut didapat usai penangkapan Jeff Smith di kediamannya, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Ada buku bacaan tentang ganja yang ditemukan pada saat memeriksa di rumah JS. Sudah disita," kata Arif.

Kepada polisi, Jeff Smith pun mengaku memang mengoleksi buku soal ganja itu. Diungkapkan Jeff Smith, buku-buku tersebut untuk edukasinya semata saja.

"Menurut JS untuk edukasi tentang ganja," tambah Arif.

Sebagai tambahan informasi, Jeff Smith ditangkap oleh Unit 1 Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di bawah pimpinan AKP Arif Purnama Oktora pada Kamis, 15 April 2021. Dalam penangkapan itu, polisi menyita narkoba di dalam mobilnya.

Usai penangkapan, polisi kemudian melakukan tes urine terhadap Jeff Smith. Hasil tes urine Jeff Smith itu dinyatakan positif mengandung ganja.

"(Positif) THC. Identik dengan ganja," tutup Arif.

(pig/mau)