Selain Susi Pudjiastuti, Manohara Juga Kecam Lucinta Luna

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 15 Apr 2021 12:35 WIB
Dokter Reza Gladys melakukan perawatan kecantikan kepada artis Lucinta Luna di klinik Glafidsya Medika, Lebak Bulus, Senin (15/3/2021).
Lucinta Luna dikecam karena berenang bersama lumba-lumba. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sejumlah pihak mengecam aksi Lucinta Luna terkait video dirinya berenang bersama lumba-lumba. Salah satu kecaman disampaikan oleh Manohara Odelia Pinot.

Lewat unggahan di Instagram, Manohara menyayangkan aksi Lucinta Luna sebagai figur publik yang memberikan contoh tidak baik. Ia menyebut banyak orang coba mengedukasi mengenai penyelamatan satwa, tapi Lucinta Luna justru sebaliknya.

"Banyak orang sedang berjuang mengedukasi, menyelamatkan satwa liar supaya mereka bisa hidup lebih sejahtera kemudian bebas dari perburuan dan exploitasi...tapi tempat ini dan public figure ini malah mencontohkan hal yang sangat bertentangan dengan kesejahteraan satwa!" tulisnya yang juga mengunggah ulang dari akun @wildlifeaidnetwork.

Dalam unggahan itu, banyak juga sederet artis yang tampak bersedih karena aksi Lucinta Luna bersama lumba-lumba, seperti Aura Kasih, Luna Maya, Fifie Buntaran dan yang lainnya.

[Gambas:Instagram]



Kecaman itu bermula dari sebuah video yang diunggah Lucinta Luna di channel YouTube pribadinya. Tampak dirinya sedang berada di tempat wisata Dolphin Lodge Bali.

Lucinta Luna tidak hanya berenang di satu area yang sama dengan lumba-lumba, ia bahkan memegang hewan tersebut. Kedua tangannya berpegangan ke sirip lumba-lumba seakan ditarik di air.

Beberapa pihak langsung memberikan kecaman ke Lucinta Luna. Salah satu kecaman tersebut disampaikan oleh Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Banyak orang mengira uang & ketenaran dapat membeli dan mengizinkan untuk melakukan apa saja .. termasuk kedunguan dan menjadi bodoh," tulis Susi Pudjiastuti, Kamis (15/4/2021).

Bukan cuma Susi Pudjiastuti, ada juga Davina Veronica yang juga memberikan kecaman itu. Ia menyoroti aksi Lucinta Luna yang dianggapnya menyakiti hewan.

"This is really really stupid, uneducated, cruel and heartless. Sedih banget melihat ini. Dolfin ini seperti budak manusia. A slave for human entertainment. Kamu tahu tidak bahwa dolfin adalah hewan paling cerdas di bumi ini. They are intelligent, complex and gentle creature.. There are social beings. Ini pasti dipisahkan dari keluarganya. Im sure they miss their family and mostly, the ocean," beber Davina Veronica.

Hingga saat ini, belum ada tanggapan dari Lucinta Luna terkait video dan kecaman itu.

(dar/pus)