Pesan Anton Medan untuk Miller Khan: Jadi Diri Sendiri!

Sachril Agustin Berutu - detikHot
Selasa, 16 Mar 2021 12:20 WIB
Miller Khan datang ke rumah duka Anton Medan
Miller Khan ungkap pesan yang diberikan Anton Medan. Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom
Jakarta -

Ramdhan Effendi atau Anton Medan meninggal dunia dan dimakamkan di Masjid Tan Kok Liong, Cibinong, Kabupaten Bogor. Aktor Miller Khan menyebut Anton Medan adalah orang yang inspiratif.

"Beliau kalau di mata saya seorang sosok yang sangat inspiratif ya. Yang sudah menginspirasi banyak orang juga dari cerita hidup dia, nasihat-nasihat hidup dia, pedoman hidup dia, cukup banyak yang dia jalankan gitu. Orangnya juga dermawan, banyak membantu, pokoknya sosok yang sangat baik lah," kata Miller Khan saat ditemui di Masjid Tan Kok Liong, Jalan Kampung Sawah, Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/3/2021).

Miller sudah mengenal Anton Medan 11 tahun. Aktor ini pun mengungkapkan dia adalah anak angkat Anton Medan.

Dia mengaku bersyukur karena diangkat menjadi anak oleh Anton Medan. Miller bercerita, Anton Medan berpesan kepadanya agar menjadi diri sendiri.

"Ya untuk jadi diri sendiri aja nggak keluar, gitu. Nggak pernah munafik, sesuatu hal dibuat-buat untuk mencari keuntungan tersendiri, gitu, jadi apa adanya aja. Jadi papa juga dia orangnya apa adanya, nggak pernah dibuat-buat atau berpura-pura," ucapnya.

"Ya beliau (Anton Medan) bukan dengan saya saja, dengan keluarga saya juga cukup dekat ya. Jadi dia pernah datang ke rumah saya di Malaysia, terus dengan ibu saya juga cukup dekat, dan beliau juga sering mendukung dalam karier saya juga. Peran beliau juga cukup penting dalam perjalanan karier saya selama ini. Ya saya sangat bersyukur sih bisa mengenal beliau dan beliau bisa mengangkat saya sebagai anak angkatnya. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih," tambah Miller Khan.

Kerabat Anton Medan, Ramdi Matondang bercerita sering berceramah di lapas dan lokalisasi bersama almarhum. Ramdi pun mengucapkan permintaan maaf sebesar-besarnya bila almarhum mempunyai kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

"Cuma yang pasti selama perjalanan hidupnya, dakwah untuk kebaikan, almarhum, apalagi dulunya almarhum bekas dari dunia hitam, karena prinsip almarhum waktu itu lebih baik jadi mantan penjahat daripada mantan ustad. Maka dari itu, tapi memang ada beberapa hal yang belum kesampaian kayak pesantren ini juga, mudah-mudahan ada perbaikan-perbaikan. Nanti selanjutnya musyawarah keluarga bagaimana kelanjutannya," ucap Ramdi.



Simak Video "Anton Medan Dimakamkan Besok di Samping Masjid Miliknya"
[Gambas:Video 20detik]
(sab/wes)