Ini Peran Cita Citata di Kasus Korupsi Proyek Bansos yang Seret Namanya

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 09 Mar 2021 16:07 WIB
Cita Citata
Peran Cita Citata di kasus korupsi bansos. Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Cita Citata terseret di kasus korupsi proyek bantuan sosial. Namanya disebut dalam sidang kasus tersebut yang digelar di Pengadilan Tipikor.

Banyak yang kaget dengan adanya nama Cita Citata di kasus tersebut. Matheus Joko Santoso, mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bansos Corona, menyebut nama pedangdut itu saat pembacaan BAP.

Dalam persidangan itu, Joko diperiksa sebagai saksi dalam sidang penyuap bansos Corona, Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

Joko mengatakan ada dana yang masuk ke Cita Citata sebesar Rp 150 juta. Ia mengatakan Cita Citata diundang untuk hadir dalam kegiatan rapat di Labuan Bajo.

"Lalu, pembayaran hotel biro humas Rp 80 juta, pembayaran tes swab COVID pimpinan Kemensos Rp 30 juta, seragam baju tenaga pelopor Rp 80 juta, pembayaran kegiatan Mesuji Lampung Rp 100 juta, pengerahan tenaga pelapor untuk monitoring gudang Rp 80 juta, pembayar makan minum rapat pimpinan awal akhir Rp 100 juta, pembayar makan minum tim bansos relawan dan tim pantau Rp 200 juta, pembayar sapi Rp 100 juta, sewa pesawat carter Labuan Bajo Rp 270 juta, pembayaran artis untuk kegiatan rapat Labuhan bajo Rp 150 juta," ungkap Joko.

"Artisnya informasinya Cita Citata, saya juga nggak hadir," kata Joko.

Cita Citata membenarkan dirinya adalah artis yang hadir dalam kegiatan Kemensos di Labuan Bajo. Kepada detikcom saat dihubungi melalui sambungan telepon, ia mengungkapkan awal mula bisa tampil di acara tersebut.

"Cita yang ngundang itu EO, pihak EO. Jadi bukan dari pihak Kemensos. Jadi Kemensos minta ke EO, EO baru panggil kita. Aduh, lupa ya. Pasti (tahun) 2020," ujar Cita Citata saat dihubungi detikcom.

Proses seperti biasa dijalani, seperti saat dirinya tampil di panggung lain. Cita Citata pun berangkat ke Labuan Bajo. Ia mengaku bukan satu-satunya artis yang mengisi acara tersebut.

"Aduh nggak tahu ya. Yang jelas ada band-band gitu yang dari daerah gitu ya. Aku nggak ada kecurigaan apapun, normal saja kayak gathering biasa sih," imbuh Cita Citata.

Seminggu kemudian, ia pun syok ketika mendengar kabar mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dan jajarannya ditangkap KPK.

"Jadi kita nggak tahu-menahu soal itu. Tetapi, Cita juga syok ketika mendengar itu. Entah seminggu kemudian, ketangkap seminggu, dua minggu gitu. Karena kita merasa di sana tidak ada kejanggalan, jadi ya sudah biasa saja. Kalau Cita memang tidak dipanggil dari pihak Batubara," papar Cita Citata.

"Jadi waktu itu yang manggil saya dan komunikasi sama tim saya itu bukan Batubara-nya langsung. Saya waktu itu, say thanks sih ke bapak Batubara itu. Cuma yang saya tahu yang ngundang itu bukan dia."

(dar/doc)