Sepak Terjang Cita Citata, dari Jazz hingga Terseret Korupsi Bansos Corona

Rosa Vinta Prasinda Putri - detikHot
Selasa, 09 Mar 2021 12:16 WIB
Cita Citata saat ditemui di studio Trans TV.
profil Cita Citata Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Cita Citata kini ramai diperbincangkan setelah terseret dalam kasus korupsi bansos Corona. Cita Citata tampil dalam acara yang digelar Kemensos di Labuan Bajo.

Penasaran dengan sosok Cita Citata? Simak profilnya berikut ini:

Karier

Wanita bersuara merdu ini lahir di Bandung, 14 Agustus 1994 dengan nama Cita Rahayu. Ia mengawali karirnya sebagai penyanyi jazz, sebelum akhirnya menekuni genre dangdut.

Cita CitataCita Citata Foto: Asep Syaifullah

Cita Citata bergabung dengan label Sani Musik Indonesia pada tahun 2014 dan merilis lagu Sakitnya Tuh di Sini. Melalui single inilah namanya melambung dan mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Selain single Sakitnya Tuh di Sini, beberapa lagunya juga sukses diterima oleh masyarakat. Lagu-lagunya seperti Goyang Dumang (2014), Perawan Atau Janda (2014), maupun Aku Mah Apa Atuh (2015) meraih sukses besar di kalangan penikmat musik dangdut tanah air.

Sinetron dan Iklan

Selain menyanyi, Cita Citata juga membintangi sinetron dan beberapa iklan TV. Ia membintangi sinetron Diam-Diam Suka pada tahun 2013-2014. Selain sinetron, ia juga membintangi beberapa iklan TV. Iklan-iklan tersebut antara lain Bintang Toedjoe Masuk Angin, Kopi Susu Ya!, hingga Bank BTN.

Cita CitataCita Citata Foto: Noel/detikHOT

Penghargaan

Berkat single Sakitnya Tuh di Sini, Cita Citata berhasil meraih beberapa penghargaan. Pada tahun 2014, ia berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Penyanyi Pendatang Baru Terpopuler dalam ajang MNC TV Dangdut Awards. Pada tahun 2015, ia juga menerima penghargaan sebagai Artis Solo Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia.

Kasus Korupsi Bansos COVID-19

Cita Citata diperbincangkan usai disebut dalam persidangan kasus korupsi bansos di Pengadilan Tipikor. Cita Citata adalah salah satu artis yang diundang untuk mengisi acara yang diselenggarakan oleh Kemensos di Labuan Bajo.

Namanya terseret setelah bayaran yang ia terima diduga merupakan hasil dari korupsi dana bansos yang dilakukan oleh Juliari Peter Batubara, mantan Menteri Sosial. Selain Cita Citata, beberapa nama juga disebutkan menerima aliran dana bansos. Salah satu nama yang disebut adalah Achsanul Qosasi, anggota BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Republik Indonesia.

Cita Citata saat ditemui di kawasan SenayanCita Citata saat ditemui di kawasan Senayan Foto: Noel/detikHOT

Simak video 'Klarifikasi Cita Citata Namanya Terseret Kasus Korupsi Bansos':

[Gambas:Video 20detik]



(nu2/nu2)