Anak Dibully Gegara Polemik Tes DNA Daus Mini, Yunita Lestari Lari ke Psikolog

Mauludi Rismoyo - detikHot
Sabtu, 06 Mar 2021 08:07 WIB
Arist Merdeka Sirait (Ketua Umum Komnas Anak) dan Yunita Lestari (mantan istri pertama Daus Mini)
Yunita Lestari lari ke psikolog untuk anak. (Foto: Hanif/detikcom)
Jakarta -

Gegara polemik tes DNA yang diributkan pihak Daus Mini, anaknya, Ivander Haykal Firdaus, mesti terkena dampak. Bocah 9 tahun itu kena bully.

Karena hal itu, Yunita Lestari membawa Ichal, sapaan anaknya, ke pakar psikolog. Ia takut psikis buah hatinya makin terganggu karena pemberitaan soal tes DNA.

"Iya soalnya masalah ini sangat berdampak besar pada anak. Dan perdebatan yang melibatkan anak, jika tidak segera dihentikan sesegera mungkin, kan bahaya dan bikin khawatir aku. Kasihan Ichal," ujar Yunita saat ditemui di kawasan Taman Harapan Baru, Bekasi.

Psikolog Imaculata Umiyati berpendapat masalah tes DNA Yunita Lestari dengan mantan suaminya, Daus Mini, memang begitu pelik. Sehingga ia takut hal tersebut berdampak ke psikis anak mereka.

Karena menurut Bunda Ima, masalah tes DNA bisa melekat ke otak Ichal. Ia juga menilai anak di usia seperti Ichal akan terus merekam masalah tersebut sampai dewasa nanti.

"Dampak psikologi anak atas masalah ini tidak mudah untuk disembuhkan, karena melekat dalam otak anak. Anak berumur di bawah 11 tahun otaknya merekam segala apa yang dialaminya dan akan diingat sampai dewasa nanti," tuturnya.

Yunita LestariYunita Lestari curhat ke psikolog. Foto: dokumen pribadi

Di sisi lain, Imaculata Umiyati lega karena Ichal punya niat bertemu Daus Mini. Ia berharap masalah tes DNA Daus dan Yunita Lestari bisa disetop.

"Yang membuat saya terharu saat Ichal mengatakan keinginanya bertemu papinya dan mengajak Yunita ke tempat papinya, dan mengatakan ke Yunita nggak usah nginep nggak apa-apa yang penting ketemu papi. Ichal juga menyampaikan ingin bekerja dan memberikan uang hasil kerjanya untuk papinya kelak jika dia sudah besar," katanya.

Yunita Lestari berterima kasih atas masukan terkait tumbuh kembang Ichal yang diberikan Imaculata Umiyati. Akan tetapi, ia tetap menyimpan rasa kecewa ke pihak Daus Mini yang meminta tes DNA.

"Alhamdulillah hari ini saya telah berkonsultasi dengan pakar psikolog anak, agak lega dan sedih sih soalnya ternyata dampaknya sebegitu mengerikannya ke Ichal soal masalah ini," pungkasnya.

(mau/wes)