Penjelasan Yusuf Mansur Dituding 'Jilat' Penguasa Usai Perpres Miras Batal

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 15:46 WIB
Ustaz Yusuf Mansur
Penjelasan Yusuf Mansur Dituding 'Jilat' Penguasa Usai Perpres Miras Batal (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Ustaz Yusuf Mansur dituding 'menjilat' penguasa oleh netizen. Hal itu terjadi usai Ustaz Yusuf Mansur melakukan sujud syukur terhadap perpres miras yang dibatalkan oleh presiden Joko Widodo.

Dituduh seperti itu, Ustaz Yusuf Mansur tidak marah. Ia malah menjawabnya dengan bijak melalui media sosial Instagramnya.

"Ini kelak akan jadi bahasan ilmu... Biar se-Indonesia tahu tentang sujud dan sujud syukur. Bukan sujud ke manusia. Tapi ke Tuhannya manusia," ujar Ustaz Yusuf Mansur, Kamis (4/3/2021), di Instagram yang juga sudah memberikan izin detikcom untuk mengutipnya.

"Bismillaah. Udah saya bahas sebagai pembahasan awal, di postingan sebelum ini. Mangga," sambungnya.

Ustaz Yusuf Mansur menjelaskan kenapa dirinya melakukan sujud syukur atas dibatalkannya izin investasi minuman keras di Indonesia. Menurutnya, sujud syukur banyak memiliki manfaat terlebih dalan ajaran agama Islam.

"Sujud jd jalan punya jodoh, menikah, jadi suami, jadi istri... Jadi ayah jadi ibu. Sujud jadi jalan buat kaya, buat sukses, buat naek, buat menang, buat hebat, buat manfaat. Sujud jadi jalan buat pengampunan... Liat aja misalnya kisah sujudnya Nabi Adam... Sujudnya Rasuulllaah Muhammad shollawwlloohu 'alaihi wasallam... Sujud jadi jalan sehat bahkan... Manfaat sujud... Eksplor aja," papar Ustaz Yusuf Mansur.

"Saya kalo kurang sujud, bisa bakal belagu... Bisa bakal sombong. Tapi dengan sujud, dengan izin Allah, sujud mengantarkan saya sama rendah dengan tanah yang menjadi asal penciptaan... Luar biasa...," lanjutnya.

Ketika melakukan sujud syukur, Ustaz Yusuf mansur mendapatkan kedamaian. Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan hal tersebut.

Saat berdoa, mana yg lbh saya suka? Ngangkat tangan? Atau sujud? Demi Allah, sujud. Nyaman sekali. Ga sepantar gitu dengan Allah. Ga banget. Bener2 merendah... Asyik. Adem," aku Ustaz Yusuf Mansur.

"Selamat sujud, Indonesia...Bangkit2 dari sujud, kebangkitan akan Allah berikan...Dengan izin Allah...," pungkasnya.

Sebelumnya, Ustaz Yusuf Mansur mengucap syukur atas dicabutnya lampiran perpres 10 Tahun 2021 itu. Ia bahkan mengajak masyarakat untuk berterima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah membatalkan izin investasi minuman keras (miras).

Namun hal itu malah mengundang nyinyiran dari berbagai pihak. Selain netizen, ada pula Muhammad Sadi Didu yang memberikan komentar bernada sindiran terkait ucapan Ustaz Yusuf Mansur itu.

"Izinkan #sayamikir sambil izin #sayaketawa," tulis Said Didu dalam cuitannya di Twitter.

Simak juga video 'Jokowi Cabut Lampiran Perpres Miras, Gus Miftah: Kami Bangga Denganmu':

[Gambas:Video 20detik]



(hnh/dar)