Profil Anya Taylor-Joy, Si Pemeran Ratu Catur yang Makin Bersinar

tim detikhot - detikHot
Senin, 01 Mar 2021 16:40 WIB
PARIS, FRANCE - MARCH 03: Anya Taylor-Joy attends the Miu Miu show as part of the Paris Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2020/2021 on March 03, 2020 in Paris, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)
Profil Anya Taylor-Joy Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain
Jakarta -

Anya Taylor-Joy jadi trending topic setelah jadi pemenang Actress In A Mini-series or Motion Picture for TV di Golden Globe 2021. Ini sosok Anya Taylor-Joy.

Anya Taylor-Joy merupakan artis berdarah Inggris-Argentina yang lahir pada 16 April 1996 di Florida, Amerika Serikat. Ibunya bekerja di bidang interior desain dan fotografi. Sedangkan ayahnya mantan bankir internasional.

Sebelum meledak lewat serial Queen's Gambit, Anya Taylor-Joy dikenal dalam perannya di film horor The Witch, Split dan Glass. Bahkan gara-gara itu, Anya Taylor-Joy mendapat gelar scream queen.

Setelah tinggal di Argentina, Anya Taylor-Joy pindah ke London di usia 6 tahun. Di sana, ia mulai aktif di panggung peran bahkan terjun ke dunia modeling pada usia 16 tahun di.

Ia debut akting lewat sebuah episode di serial Endeavour pada 2014. Setahun sebelum, ia benar-benar diasah kemampuannya di The Witch.

Pada 2016, Anya Taylor-Joy tampil dalam film thriller Split sebagai Casey Cooke. Tahun itu, ia juga membintangi Barry Vikram Gandhi, film yang berfokus pada kehidupan Barack Obama di Universitas Columbia. Anya Taylor-Joy berperan sebagai salah satu teman Obama.

Pada 2017, Anya Taylor-Joy muncul di miniseri The Miniaturist sebagai Petronella Brandt. Ia juga memainkan peran dalam film horor Spanyol, Marrowbone serta Thoroughbreds.

Dua tahun setelah itu, Anya Taylor-Joy mengulangi perannya sebagai Casey Cooke dalam film Glass. Ia juga terlibat dalam sejumlah film Radioactive, The New Mutants, Playmobil: The Movie dan Here Are the Young Men.

Anya Taylor-Joy juga mengisi suara untuk karakter Brea dalam serial TV Netflix The Dark Crystal: Age of Resistance. Itu merupakan prekuel dari film 1982, The Dark Crystal.

Selain itu, Anya Taylor-Joy juga membintangi remake Nosferatu, yang disutradarai oleh Eggers. Ia juga akan tampil dalam proyek lain bernama The Sea Change.

Anya Taylor-Joy menerima Trophee Chopard dari Festival Film Cannes. Ia dinilai sebagai sosok yang multitalenta. Tak cuma berakting, Anya Taylor-Joy juga pandai bermain gitar juga menari balet.

Kehidupan pribadi Anya Taylor-Joy juga ikut diperbincangkan setelah kesuksesannya di dunia film. Ia bertunangan dengan Eoin Macken, pemeran Gavin Cluxton di Fair City. Keduanya berbeda usia 13 tahun.

Secara pribadi, Anya Taylor-Joy disebut sebagai sosok yang tak pernah neko-neko, meski namanya melambung. Dan ada satu rahasia lagi, Anya Taylor-Joy adalah penggemar berat aktor Inggris, Eddie Redmayne.



Simak Video "The Queen's Gambit dan Anya Taylor-Joy Berjaya di Golden Globes"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/aay)