Round Up

Saat Pelawak Yanto Tutup Usia di Hadapan Istri

Tim detikhot - detikHot
Jumat, 26 Feb 2021 22:05 WIB
Komedian Yanto Tampan meninggal dunia
Pelawak Yanto Tampan meninggal dunia. Foto: dok. IKATAMUR
Jakarta -

Pelawak Yanto Tampan meninggal dunia. Kepergiannya membuat banyak orang kaget. Kabar kepergian Yanto Tampan ini dibenarkan oleh Ketua Humas PARFI, Evry Joe.

"Iya (benar) mas tadi pagi," kata Evry Joe saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat (26/2/2021).

Mengenai penyebab kepergian Yanto Tampan, pihak keluarga mengatakan jika kepergian sang pelawak karena penyakit yang sudah diidapnya.

"Meninggalnya tadi pagi jam 7.35, sakitnya itu sirosis hati dari 2018. Yang pertama liver, livernya itu pembuluh darahnya ada varises," jelas istri mendiang Yanto Tampan, Nurjannah, saat dihubungi detikcom, Jumat (26/2/2021).

Tak hanya itu, Nurjannah juga menyebut jika meninggalnya sang suami juga tepat berada di hadapannya. Nurjannah juga membimbing Yanto Tampan di akhir hayatnya.

"Di rumah meninggalnya, di hadapan saya. Saya bimbing sampai nggak ada, sampai jalan," jelas Nurjannah lagi.

Nurjannah mengatakan memang selama satu tahun terakhir ini, sang suami kerap bolak-balik ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan.

"Iya jadi selama satu tahun kemarin itu kita bolak-balik saja rumah sakit Thamrin sama Gatot Subroto. Terakhir di Gatot Subroto di rawatnya," tutur Nurjannah lagi.

Kepergian Yanto Tampan menyisakan kesedihan bagi semua yang mengenalnya. Terutama bagi sang istri. Dikatakan Nurjannah, tidak ada kata-kata terakhir yang disampaikan Yanto Tampan saat kepergiannya.

"Nggak ada, nggak ada pesan apa-apa sih. Dia sudah ngedrop, sudah kondisi koma, sudah nggak sadar sama sekali," jelas Nurjannah.

Nurjannah mengatakan Yanto Tampan meninggal di rumahnya. Kondisi Yanto Tampan menurun sejak 14 Februari 2021.

"Di rumah (saja), mulai ngedrop dari tanggal 14 kemarin, Senin sore. Ngedrop dari 14 kemarin sampai sekarang ini nggak ada. Jadi sudah nggak sadarkan diri (dari tanggal itu)" beber Nurjannah.

Jenazah Yanto Tampan dikubur di TPU Layur. Semua proses pemandian jenazah pun sudah dilakukan di rumah duka. Yanto Tampan meninggalkan satu orang istri, empat orang anak dan tujuh cucu.

"Di TPU Layur akan dimakamkannya, minta doanya ya dan minta dibukakan pintu maafnya kalau ada salah," terang Nurjannah.



Simak Video "Riwayat Penyakit Yanto Tampan Sebelum Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/dar)