7 Fakta Perseteruan Kartika Putri dengan dr Richard Lee

Nanda Alifah - detikHot
Jumat, 26 Feb 2021 14:53 WIB
Kartika Putri
Kartika Putri saling lapor polisi dengan dr Richard Lee Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Kartika Putri dan dr. Richard Lee berseteru, bahkan sampai saat ini masih belum menemukan titik terang. Bermula dari ulasan produk hingga jadi saling lapor ke pihak berwajib.

Bahkan akibat kasus ini, Kartika Putri dan keluarganya sampai diserang oleh netizen. Berikut ini sederet fakta mengenai perseteruan antara Kartika Putri dan Dr. Richard.

1. Berawal Dari dr. Richard Mengulas Produk Skincare Helwa

Pertikaian Kartika Putri dan dr. Richard Lee bermula dari video di channel Youtube sang dokter yang berjudul 'REVIEW HELWA BARU NIH! APAKAH DIA SUDAH TOBAT? HASIL LAB AGUSTUS 2020'.

Sang dokter yang memang ahli di bidang kecantikan memang sering membuat konten mengenai review berbagai jenis skincare. dr. Richard pun memberikan review tentang skincare 'Helwa Beauty' dengan bukti hasil laboratorium.

Video yang diunggah pada Agustus 2020 itu memperlihatkan bahwa produk skincare Helwa Beauty mengandung 5,7% hidrokuinon. Adapun batas aman hidrokuinon yakni sebesar 2%, itupun penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

Satu tahun sebelumnya, dr. Richard Lee pun pernah mengupas Helwa Beauty yang kala itu tidak memiliki izin BPOM. Dulunya, produk skincare tersebut tidak hanya mengandung hidrokuinon, namun ada juga kandungan berbahaya lainnya yakni merkuri.

2. Kartika Putri Tidak Terima Dengan Ulasan Dr. Richard

Lewat unggahan videonya, Kartika Putri protes dengan dr. Richard Lee yang mengatakan bahwa krim tersebut berbahaya. Bahkan, Kartika Putri juga mengundang pemilik Helwa Beauty untuk merespon unggahan dr. Richard Lee.

3. Melakukan Pertemuan

Dalam unggahan video di YouTube channel dr. Richard Lee pada 12 Desember 2020, keduanya akhirnya saling bertemu dan duduk bersama untuk saling mengonfirmasi.

Kartika Putri mengaku kalau dirinya memang mendapat endorsement dari Helwa Beauty. Namun ia mengatakan bahwa produk tersebut cocok dan aman di kulitnya.

4. dr. Richard Merasa Dijebak Kartika Putri

Beberapa hari setelah pertemuan itu, dr. Richard Lee mendapatkan somasi dari Kartika Putri. Ia merasa dijebak saat pertemuan itu karena ternyata Kartika Putri membawa pengacara.

Pemilik klinik kecantikan Athena itu akhirnya memilih mengalah. dr Richard pun memutuskan untuk meminta maaf secara terbuka kepada Kartika Putri.

Meskipun tak merasa bersalah, Richard Lee mengaku siap meminta maaf hingga 100 kali kepada Kartika Putri. Sebab, kata Richard Lee, tujuannya bukan untuk panjat sosial atau menjatuhkan nama sang artis.

5. dr. Richard Dilaporkan Ke Polisi

Meski sudah meminta maaf, namun ternyata permasalahan mereka belum juga usai. Kartika bersikeras melaporkan dr. Richard ke pihak kepolisian dengan tuduhan pencemaran nama baik.

dr. Richard Lee kemudian memenuhi panggilan Polda Metro Jaya pada Kamis (4/2/2021). Sang pakar kecantikan diperiksa selama empat jam.

6. Kartika Putri Dilaporkan Balik Oleh dr. Richard

Senin (8/2/2021), di Instagramnya, dr. Richard Lee mengungkapkan bahwa ia akan melaporkan balik Kartika Putri. Hal ini dilakukannya karena ia merasa kesal dengan Kartika Putri.

"Saatnya serangan balik, jadi saya sudah selesai semua laporan saya ke polisi, jadi sudah diambil ke polisi," kata dr. Richard dalam akun Instagram @dr.richard_lee.

dr. Richard Lee menjelaskan laporan yang ditujukan untuk Kartika Putri tertulis atas kasus pencemaran nama baik juga.

7. Kartika Putri Merasa Berada Di Pihak Yang Benar

Kartika Putri diketahui sudah melaporkan dr. Richard Lee dengan dugaan pencemaran nama baik. Ternyata, dokter kecantikan itu melaporkan balik dirinya.

Istri Habib Usman itu akhirnya memberikan tanggapan. Kartika Putri tak masalah dilaporkan balik ke polisi oleh dr. Richard Lee.

Kartika Putri kembali mengingatkan untuk tetap menjaga etika profesi dan mengikuti aturan hukum negara saat membuat sebuah konten. Dia menilai ada kode etik kedokteran yang dilanggar oleh dr. Richard Lee.

Meski begitu, Kartika Putri tak mau terlalu kepedean dirinya ada di pihak yang paling benar. Kartika Putri pun menyerahkan semua kepada kepolisian dan mengikuti proses hukum.



Simak Video "Dokter Richard Polisikan Balik Kartika Putri "
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)