Round Up

Drama Perceraian Nikita-Dipo: Nikah Siri Bisa Diresmikan!

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 26 Feb 2021 05:30 WIB
Nikita Mirzani sambangi Polres Jakarta Selatan.
Foto: Pingkan (detikHOT)
Jakarta -

Nikita Mirzani dan Dipo Latief menikah pada Februari 2018, walaupun sebelumnya sempat ditutup-tutupi. Namun tak sampai setahun, Nikita mengajukan permohonan isbat nikah sekaligus perceraian pada Dipo.

Dipo lantas mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Agama. Tapi, permohonan banding Dipo ditolak. Dipo lantas mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Setelah menjalani drama yang cukup panjang, Nikita Mirzani dan Dipo Latief akhirnya resmi bercerai setelah kasasi yang dilayangkan Dipo ditolak sejak 14 Agustus 2020. Pihak Nikita pun mengaku sudah menerima berkas putusan Mahkamah Agung.

Isbat nikah merupakan pengesahan atas pernikahan yang telah dilangsungkan menurut syariat agama Islam dan tidak dicatat oleh Kantor Urusan Agama.

Saat ditemui bersama kuasa hukumnya, Fahmi Bachmid di Polres Metro Jakarta Selatan, Nikita Mirzani mengaku bersyukur atas keputusan tersebut. Sambil bergurau, Nikita menyatakan Dipo sudah tak lagi bisa melayangkan kasasinya.

"Alhamdulillah Niki di perceraian kemarin, Dipo Latief mengajukan kasasi. Kasasi kan sudah Mahkamah Agung, tertinggi, kalah lagi," ujar Nikita Mirzani.

"Berarti tinggal kasasi ke Tuhan saja dia. Kalau dia mau naikin kasasi lagi maksudnya kan sudah gak ada lagi. Mahkamah Agung udah paling tinggi," lanjutnya.

Ditegaskan Fahmi Bachmid, status Nikita saat ini sudah bebas dari jeratan rumah tangganya dengan Dipo Latief. Nikita dinyatakan bebas secara hukum dan syariat.

"Statusnya secara hukum sudah clear. Nikita statusnya sudah bebas merdeka secara hukum dan secara syariat (agama)," tegas Fahmi.

Nikita pun berpesan pada kaum perempuan agar dapat memperjuangkan haknya untuk mendapatkan status pernikahan yang sah.

"Sebenarnya gue di sini bukan mau minta pengakuan gitu. Tapi gue cuma mau memberikan pelajaran untuk semua wanita Indonesia, walaupun kalian nikah siri tapi itu bisa didaftarkan, diresmikan," tegas Nikita.



Simak Video "Punya Pacar Baru, Nikita Mirzani Berencana Menikah Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)