Uya Kuya Bicara Usai Heboh Disebut Meninggal Dunia

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 25 Feb 2021 18:22 WIB
Uya Kuya
Uya Kuya bicara soal kabar hoks dirinya meninggal jadi sangat viral Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Sempat beredar di TikTok unggahan akun KG1st.Mail menyebut Uya Kuya meninggal dunia. Kabar itu heboh mencuat pada Minggu (21/2/2021).

Awalnya istri Uya Kuya, Astrid meluapkan kekesalannya atas kabar hoaks tersebut melalui Instagram Stories miliknya. Astrid membantah kabar tersebut.

"Arti hoax adalah kabar, informasi, berita palsu atau bohong," tulisnya Astrid di Instagram Stories-nya.

"Hoaks ini. Siap-siap yah di depan rumah ada yang kasih surat cinta dari pengacara eh nanti nangis kejer ibunya nangis ayahnya minta maaf. Kasihaaan," ancam Astrid Kuya saat itu.

Awalnya, akun TikTok KG1st.Mail membuat konten memperlihatkan foto Uya Kuya saat terbaring di rumah sakit karena terpapar Corona. Di foto tersebut disematkan kalimat, 'RIP Uya Kuya, smoga di terima disisinya masih gk percaya.'

Dihubungi detikcom melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu, Astrid Kuya mengatakan akan membuat klarifikasi.

"Nanti kita ada klarifikasi jadi aku nggak bisa ngomong apa-apa dulu. Nanti akan ada klarifikasinya. Nanti dilihat saja (klarifikasinya)," kata Astrid saat itu.

Uya Kuya dan Astrid Kuya membuat klarifikasinya di channel YouTube mereka yang diunggah pada Rabu (24/2/2021) malam. Ternyata Uya Kuya awalnya enggan ambil pusing.

"Beredar kabar bahwa ada berita hoaks Uya Kuya meninggal dunia. Berita hoaks itu kan ada undang-undangnya ya berita nggak bener. Tapi kok tetap ada di FYP," buka Uya Kuya.

"Kita sudah dua minggu lebih sembuh dari COVID-19. Awalnya ini berita saya nggak ambil pusing, cuma tiba-tiba di satu hari itu DM saya banyak banget ngasih link tentang berita di TikTok yang mengabarkan Uya Kuya meninggal dunia," ucapnya

"Gue terus terang nggak peduli juga karena itu hoaks kan dan gue nggak pernah buka link-nya," ucapnya.

Tidak hanya direct message, banyak juga yang bertanya pada dirinya melalui pesan whatsApp. Padahal Uya Kuya saat ini benar-benar sudah sembuh dari Corona dan sehat-sehat saja.

"Akhirnya gue lihat tapi dari capture fotonya. Nah tapi sampai sekarang gue belum lihat videonya, yang sudah lihat Astrid sama Cinta. Sampai suatu saat ada beberapa teman artis yang nelponin gue, pas gue 'Halo.' 'Alhamdulillah...' nah di situ gue mulai merasa terganggu gitu lho. Segini hebohnya, viralnya" ucap Uya Kuya tak menyangka.

Uya Kuya menceritakan efek pemberitaan soal dirinya meninggal dunia sangat besar. Kala itu dia tengah jalan-jalan ke mall bersama Cinta, sang anak.

"Jadi orang sudah dengar berita gue meninggal, tiba-tiba orang-orang lihat gue. Itu udah kayak lihat hantu di tengah mall. Tapi, masalahnya efeknya adalah kasihan keluarga-keluarga kita. Untungnya nyokap gue sudah gue bilangin adanya berita hoaks ini, tapi mertua gue atau apa-apa tiba-tiba ditelpon temannya," kata Uya Kuya.

"Nyokap gue tuh yang pagi-pagi buta tiba-tiba telepon ini benar nggak kabar. Astaghfirullah Mah, baru juga kemarin ngobrol. 'Ya nggak tahu Mama ditelepon teman Mama. Mereka pada panik,'" timpal Astrid.



Simak Video "Liburan di Bali, Uya Kuya Jadi Korban Penipuan "
[Gambas:Video 20detik]
(pus/aay)