Profil Sophia Latjuba, dari Asmara hingga Agama

Nanda Alifah - detikHot
Kamis, 25 Feb 2021 19:54 WIB
Sophia Latjuba saat ditemui di kawasan Cikini.
profil Sophia Latjuba Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

Sophia Latjuba hadir ke pernikahan sang mantan suami, Michael Villareal bersama kedua putrinya, Eva Celia dan Manuela Aziza.

Namun ternyata Sophia tak hanya datang bersama kedua putrinya. Ia juga terlihat menggandeng Abdee Negara yang merupakan gitaris band Slank.

Hal ini pun menimbulkan berbagai pertanyaan soal hubungan keduanya. Meski begitu, tak ada informasi jelas mengenai ada hubungan apa antara Sophia dan Abdee.

Lalu, siapakah sosok Sophia Latjuba? Simak profilnya berikut ini:

Aktris

Sophia Latjuba merupakan aktris Tanah Air keturunan Jerman-Bugis. Ia mulai debutnya sebagai aktris dengan membintangi film Bilur-bilur Penyesalan (1987).

Setelah itu, pemilik nama asli Sophia Inggriani Latjuba ini pun lanjut bermain di beberapa film lainnya. Yaitu Ketika Cinta Telah Berlalu (1989), Rio Sang Juara (1989), Catatan Si Boy V (1991) dan Kuldesak (1997).

Selain jadi pemain film, ia juga kerap tampil di beberapa sinetron. Salah satu sinetron yang pernah dimainkan olehnya, yaitu sinetron komedi Tetangga Masa Gitu.

Penyanyi

Selain pandai beradu peran, Sophia juga jago nyanyi. Bahkan, ia sempat meluncurkan beberapa single hingga album.

Lagu duetnya bersama Indra Lesmana, sang mantan suami, yang bertajuk Hold On pun sampai mendapat penghargaan Best Video Klip di Brasou, Rumania.

Begitu pula dengan albumnya yang berjudul Hanya Untukmu juga memperoleh anugerah BASF Awards pada 1994.

Pada 2007, Sophia sempat berduet dengan mendiang Chrisye dalam lagu Sophia Kangen dan Anggrek Bulan.

Kisah Asmara

Sophia Latjuba pernah menikah dengan Indra Lesmana. Dari pernikahan mereka berhasil menghasilkan satu orang anak perempuan, Eva Celia Latjuba. Baru satu tahun menikah, pada 1993 mereka memutuskan bercerai.

Sophia sempat menghilang dari dunia hiburan, setelah itu berhembus kabar dirinya dekat dengan pria berkebangsaan Amerika, Michael Villareal yang telah beristri.

Mereka berdua bahkan memutuskan tinggal satu atap bersama tanpa ikatan pernikahan di sebuah rumah yang terletak di Jakarta Selatan. Tentu saja hal tersebut menimbulkan polemik di tengah-tengah publik.

Setelah masalah dengan istrinya selesai, Michael dan Sophia pun menggelar prosesi pertunangan di salah satu hotel mewah ibukota. Sebelum pernikahan mereka resmi diselenggarakan, Sophia sudah mengandung anak Michael.

Sophia pun tidak mau ambil pusing bagaimana masyarakat menilai dirinya. Mereka pun resmi menikah pada 30 April 2005. Sedangkan putri kedua Sophia lahir pada 15 September 2005 dan diberi nama Manuella Aziza Villareal.

Sayang, hubungan asmara Sophia dan Michael lagi-lagi harus kandas pada 2012. Dengan terang-terangan, Michael mengungkapkan keinginan untuk pisah melalui akun twitter pribadinya.

Usai dengan Michael, Sophia sempat menjalin kasih dengan vokalis band Noah, Ariel. Namun, hubungan mereka berakhir putus. Dan hingga kini Sophia tak pernah terikat dalam sebuah hubungan dengan pria manapun lagi.

Namun Sophia pernah berujar ingin mengakhiri hayatnya ditemani pria yang akan menjadi suaminya nanti.

"Gua mau meninggal dan punya suami di samping gua," tutup Sophia.

Pindah Agama

Pada 2014, Sophia Latjuba memutuskan untuk pindah agama menjadi seorang muslim mengikuti mendiang ayahnya. Sebelumnya, Sophia memeluk agama yang sama dengan sang Ibu, Kristen.

Diketahui ayahnya Sophia, Azzizurahman Latjuba beragama Islam dan merupakan cucu Abu Hanifah yang dikenal dengan nama Mahmud Latjuba, pendiri Partai Masyumi.

Beberapa pihak mengaitkan perpindahan agama Sophia dikarenakan kedekatannya dengan vokalis band Noah, Ariel. Namun, Sophia tentu membantah.

Wanita berusia 50 tahun ini mengaku pindah agama setelah membaca buku Cahaya milik nenek dari ayahnya yang Islam itu.



Simak Video "Saat Sophia Latjuba 'Sulap' Dirinya Jadi Angelina Jolie"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)