Laporkan Dugaan Penipuan TikTok Cash, Cindy Mamesah Kumpulkan Korban

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 19 Feb 2021 09:35 WIB
Cindy Mamesah
Laporkan Dugaan Penipuan TikTok Cash, Cindy Mamesah Kumpulkan Korban (Foto: Instagram Cindy Mamesah)
Jakarta -

Selebgram Cindy Mamesah melaporkan rekannya sesama selebgram, Aretha Moza dan Max, ke polisi. Ia menuding dua orang tersebut melakukan penipuan lewat aplikasi TikTok Cash.

Cindy Mamesah mengaku ia bukan korban satu-satunya. Ia mengungkapkan ada banyak korban Aretha Moza dan Max yang juga sama-sama tertipu.

Menurutnya, kerugian yang dialami para korban bervariasi, mulai Rp 30 juta hingga Rp 200 juta. Jika dijumlahkan, total kerugian semuanya bisa mencapai miliaran rupiah.

"Kalau jumlah kerugian dari grup kami (para korban) itu miliaran rupiah. Kami membuat grup para korban untuk melaporkan Aretha Moza itu, kalau dihitung hitung sih per orang ada yang rugi Rp 30 juta sampai Rp 200 juta, karena satu orang ada yang investasi di satu atau dua account makanya bisa sampai Rp 200 juta," kata Cindy Mamesah.

Wanita yang juga dikenal dengan nama Cindy Lazar tersebut mengungkapkan sengaja melaporkan Aretha Moza dan Max karena diduga aktif mengajak orang untuk menggunakan TikTok Cash. Ia menyebut tawaran yang diberikan adalah keuntungan besar berkali-kali lipat.

"Aretha ini kan yang membukakan pintu terhadap owner. Owner-nya siapa sampai detik ini kami enggak tahu, yang jelas ada hubungan sama Aretha. Kalau bicara kewajiban join kan kami harus bayar Rp 500 ribu. Nah balik lagi ke kita, ini kan dibilang investasi tapi memakai sistem MLM juga, kalau semakin berani investasi besar ya yang dijanjikan adalah uangnya besar," jelas Cindy Mamesah.

Wanita yang juga mantan kekasih presenter Sony Tulung itu menjerat Aretha Mozza dan Max dengan Pasal 28 ayat 1 Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Harapannya, selain uang kembali, ya siapa sih yang mau ribut. Saya ingin penyelesaiannya yang terbaik. Terlapor ditangkap dan dihukum sesuai perbuatan dan pasal yang berlaku," ucapnya.

[Gambas:Instagram]



Dalam pernyataannya, Aretha Moza membantah tudingan itu. Ia menyebut tidak pernah menerima transfer uang ke rekening pribadi dari Cindy Mamesah dan yang lainnya.

"Waktu dapat komisi pada senang-senang sendiri. Sekarang giliran ada pemblokiran pada nyerang saya," kata Aretha Moza.

(dar/wes)