Makin Tua Hidup Makin Ribet? Ini Kata Raditya Dika & Deddy Corbuzier

Inkana Putri - detikHot
Sabtu, 30 Jan 2021 12:41 WIB
Jakarta -

Banyak orang merasa bahwa semakin tua usia seseorang maka semakin ribet pula hidupnya. Hal yang sama juga dirasakan salah seorang influencer, Raditya Dika. Pada tayangan di channel YouTube CXO Media, Radit pun bercerita ke Deddy Corbuzier soal kehidupannya yang makin ribet setelah menua atau beranjak dewasa.

"Kenapa orang umurnya makin tua, udah jadi orang tua atau orang yang dewasa itu hidupnya makin ribet? Contohnya saya, saya udah punya istri kan, udah tua. Kalau dulu kan kalau kayak jatuh cinta gampang-gampang aja, tapi kalau orang udah tua faktor lainnya harus diperhitungkan. Gue bisa nggak ya tua sama dia nanti, obrolannya masih ada apa enggak, pikiran kita sama atau nggak. Jadi ribet," kata Radit.

Menjawab pertanyaan Radit, Deddy menyebut keribetan tersebut sebenarnya disebabkan karena cara pikir orang tua yang berbeda dengan anak muda. Menurutnya, semakin tua maka seseorang akan berpikir dengan data.

Bahkan, Deddy pun mencontohkan perempuan dewasa dalam mencari jodoh. Di usia muda, biasanya perempuan lebih sering memperhatikan penampilan seorang pria. Namun, semakin bertambah usia, ada hal lain yang akan diprioritaskan salah satunya kondisi finansial.

"Karena anak muda itu tidak berpikir dengan data yang baik, jadi kalau orang sudah punya usia berpikir dengan data. Contohnya kalau anak muda perempuan, kalau nyari cowo apa yang dicari? Ya, tampang. Kalau udah usia, wanita mencari cowok itu sudah punya big data," kata Deddy.

"Jadi, mereka mencari hati, harta dan properti supaya mendapatkan cinta, cincin dan permata. Kenapa? Supaya orang tua bisa terurus, terima uang terus menerus. Karena orang tua berpikir ke depan," imbuhnya.

Mendengar jawaban Deddy, Radit pun akhirnya setuju karena semakin tua banyak orang yang lebih memikirkan soal keamanan dan kenyamanan yang berkaitan dengan masa depan.

"Tapi make sense, kalau kita udah tua yang kita pikirkan itu keamanan, sekuritas, kita nyaman sama hidup. Jadi semakin kita dewasa kita mikirin untuk masa depan," ungkap Radit.

Debat Deddy Corbuzier dan Raditya DikaDebat Deddy Corbuzier dan Raditya Dika Foto: Dok. CXO Media

Apalagi di tengah pandemi saat ini, Radit mengatakan banyak orang yang berpikir tentang masa depannya. Salah satunya terlihat dari tren orang-orang yang sudah mulai aware terhadap investasi.

"Makanya pas pandemi ini kayaknya orang sekarang ini lagi banyak mikirin masa depan karena orang kaget kali liat pandemi, gimana kerjaan gue. Jadi, orang lagi rame mikirin investasi. Cuma gimana cara kita menyimpan harta dan properti (karena) investasi kan buat masa depan juga," katanya.

Bicara soal investasi, Radit pun merekomendasikan investasi Obligasi Ritel Negara Seri ORI019. Menurutnya, ORI019 tepat untuk investasi di era new normal karena relatif aman dengan kupon dan pokok dijamin negara.

Selain itu, ORI019 juga memiliki return yang lebih tinggi dibanding deposito, mudah dicairkan juga, dan dapat diperjualbelikan. Bahkan kupon senilai 5,57% tetap dibayarkan dengan presentasi yang sama setiap bulannya.

"Jadi, kita harus investasi yang bener-bener aja, yang kita tahu produknya juga. Kayak contohnya pemerintah udah menerbitkan instrumen ORI019 sebagai surat berhaga negara yang tersedia online atau ISBN," ungkap Radit.

"ORI019 berlaku hingga 18 Februari 2021 dan bisa dipesan secara mudah melalui BNI Mobile Banking dan BNI Internet Banking," jelasnya.

(akd/ega)