Round-up

Dunia Komedi Berduka, Murfi Sembako Meninggal Dunia

Tim Detikcom - detikHot
Jumat, 29 Jan 2021 22:04 WIB
Murfi Sembako
Foto: (dok. Instagram)
Jakarta -

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air hari ini. Pelawak Murfi Hidayat atau yang dikenal dengan nama panggung Murfi Sembako meninggal dunia pada Jumat, 29 Januari 2021 di Rumah Sakit Pelni.

Hal itu diketahui dari unggahan Yadi Sembako. "Innalilahi wainna illahi roji'uun, selamat jalan sodaraku Murfi Hidayat (Murfi Sembako) Bin Syafei pada hari ini Jumat, 29 januari 2021 di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta," tulisnya.

Menurut istri Mufri Sembako, mendiang meninggal dunia pada pukul 14.55 WIB.

Sebelum meninggal, Murfi Sembako sempat dilarikan ke rumah sakit usai bermasalah dengan jantung. Dia dirawat sejak 20 Januari 2021.

Setelah dilarikan ke rumah sakit, kondisi Murfi Sembako mulai memburuk pada hari Minggu, 24 Januari. Saat itu Murfi Sembako sudah tidak sadarkan diri.

"Nggak sadar dari hari Minggu. Jadi masuk rumah sakit dari hari Kamis," tutur Yanti.

Yanti juga menjelaskan penyebab meninggalnya sang suami. Dia menegaskan Murfi Sembako meninggal dunia setelah sakit jantung yang sudah lama diidap.

"(Meninggal karena) jantung saja. Bukan karena COVID," tegas Yanti dalam sambungan telepon detikcom, Jumat (29/1).

Yanti menjabarkan sebelum mendapat perawatan, sudah dilakukan swab pada Murfi Sembako. Hasil swab menunjukkan Murfi Sembako negatif Corona.

"Sebelum masuk rumah sakit HCU kita sudah tes covid. jadi karena jantung katup jantung bocor," jelas Yanti.

Sakit jantung yang diidap Murfi Sembako sudah dari tahun 2007. Beberapa kali penyakitnya itu pun kerap kambuh. "Sudah dari tahun 2007, sudah suka kambuh. Kayaknya yang sekarang yang sudah lebih parah," ungkapnya.

Semasa hidupnya, Yanti mengatakan Murfi Sembako tipe orang yang tak mau mengeluhkan penyakitnya. Sang suami selalu menyimpan sendiri rasa sakitnya.

Bahkan di akhir hayatnya, tidak ada pesan terakhir yang disampaikan Murfi Sembako. "Nggak (ada) sih (pesan-pesan terakhir). Kalau Murfi itu sakit nggak pernah cerita sama teman-temannya," kata sang istri.

Nama Murfi Sembako sempat melejit di era 90-an. Ia memiliki grup lawak bersama Yadi Sembako dan juga Kiwil.

Pada masa itu, grup sembako aktif melawak di radio Suara Kejayaan. Pamornya turun pada saat radionya terdampak resesi ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997. Setelah itu, personel Sembako kemudian lebih banyak menerima acara di panggung off-air.



Simak Video "Pesan Murfi Sembako untuk Kiwil Sebelum Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)