Paru-paru Aliff Alli Masih Bermasalah Meski Sembuh dari Corona

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 28 Jan 2021 20:42 WIB
Aliff Alli Khan
Paru-paru Aliff Alli masih bermasalah meski sudah sembuh dari Corona Foto: Instagram @aliff_alli
Jakarta -

Aliff Alli sudah sadar dari koma setelah terpapar Corona. Koma setelah dua kali terpapar Corona, Aliff Alli alami beberapa masalah pada tubuhnya.

Pengacaranya, Asgar Sjarfi, mengatakan Aliff Alli saat ini sudah diperbolehkan kembali ke rumah. Dua kali terpapar Corona, dua kali Aliff Alli menjalani perawatan di rumah sakit.

Meski sudah sadar dari koma, Aliff Alli disarankan untuk banyak istirahat di rumah.

"Jadi ketika dia sudah sembuh, katanya kan positif, ternyata disuruh balik akhir Desember. Ketika itu, ternyata dia positif lagi. Itu yang parah dia yang dia koma itu, yang kedua," ujar Asgar.

"Sekarang kondisi sudah (baik), kemarin di rumah sakit Tebet dan Suyoto. Sudah dua kali bolak-balik tuh dia, akhirnya terakhir sudah di Suyoto. Sudah keluar, kemarin baru balik dari Suyoto, beliau harus istirahat lagi," lanjutnya.

Asgar menegaskan, Aliff Alli sudah bisa bicara. Namun, kliennya itu masih cukup kesulitan mengucap kata-kata karena paru-parunya masih belum normal.

"Sudah siuman, sudah bisa bicara. Cuma dia masih ngos-ngosan, masih apa gitu, masih pakai kursi roda, kondisi masih nggak stabil," tutur Asgar.

Diungkapkan Asgar, pihak dokter menjelaskan, artis berusia 29 tahun itu mengidap COVID-19 karena vape yang dikonsumsinya.

COVID-19 yang ada pada diri Aliff Alli juga sempat memperburuk kondisi paru-parunya. Hal ini disebut membuat Aliff Alli mudah sakit dan terpapar virus.

"Kalau kata dokternya, diagnosis secara lisan ke kita itu karena vape. Paru-parunya kan cair, nah COVID-19 nya itu berenang lama di paru-parunya itu. Karena ada penyakit bawaan dari vape itu," ungkap Asgar.

"Waktu sama vape aja kan dia biasa, apa ya, perpaduan vape dan COVID-19 nya yang membuat dia ringkih," tutup Asgar.



Simak Video "COVID-19 Serang Paru-paru dan Hati Aliff Alli"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/pus)