Round Up

Cerita Raffi Ahmad Divaksin Corona, Ariel NOAH dan Risa Saraswati Siap Nyusul

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 13 Jan 2021 22:04 WIB
Raffi Ahmad foto bareng Presiden Jokowi usai divaksin COVID-19
Raffi Ahmad divaksin COVID-19 bareng Presiden Jokowi. (Foto: Instagram Raffi Ahmad)
Jakarta -

Akhirnya proses suntik vaksin COVID-19 dilakukan hari ini Rabu (13/1/2021). Raffi Ahmad jadi satu-satunya artis yang menerima vaksin kloter pertama ini.

Sebelumnya memang sempat mencuat kabar soal Raffi Ahmad dan Bunga Citra Lestari yang masuk ke jajaran penerima vaksin pertama. Namun di hari pemberian vaksin, hanya ada nama Raffi Ahmad dari kalangan anak muda millenial dan berstatus artis.

Ada total 20 orang yang disuntik vaksin Corona pertama di Istana Merdeka:

Sesi pertama ada, Presiden Joko Widodo, dr. Daeng M. Faqih (Ketua IDI), Dr. H. Amiesyah Tambunan (Sekjen MUI/Muhammadiyah), Kiai Ishom PP NU, Panglima TNI, Kapolri, dan Rafi Ahmad (Perwakilan Anak Muda).

Sedangkan sesi kedua ada, Budi G. Sadikin (Menkes), Prof Dr Unifah Risyidi (PGRI), Ronal Tapilatu (PGI), Agustinus Heri (KWI), I Nyoman Suarthanu (PHDI), Partono Bhikkhu N. M (Permabudhi), dan Peter Lesmana (Matakin).

Pada sesi ketiga ada Penny Kusumastuti Kepala BPOM, Rosan Perkasa (Perwakilan Pengusaha), Ade Zubaedah, Sekjen Ikatan Bidan Indonesia, Nur Fauzah (Perawat), Lusy Noviani (Apoteker), Agustini Setiyorini (Buruh), dan Ibu Narti (Pedagang).

Usai diberi vaksin, Raffi Ahmad menceritakan pengalamannya. Menurutnya tak ada perasaan yang aneh-aneh selama pemberian vaksin karena prosesnya cukup cepat. Namun ada proses pemantauan yang harus dilewati.

Raffi Ahmad divaksin COVID-19Raffi Ahmad divaksin COVID-19 Foto: dok. Youtube Sekretariat Presiden

"Yang dirasakannya ya nggak kerasa sih. Karena disuntiknya cuma 2 detik kali dan selama 30 menit pertama kan dipantau dulu. Tapi, alhamdulillah nggak ada apa-apa. Tapi, suntiknya bukan saya aja, tapi beberapa tokoh masyarakat juga dan mereka mereka juga alhamdulillah lancar semua. Pak Presiden alhamdulillah lancar semua," ucap Raffi Ahmad di Istana Merdeka, Rabu (13/1/2021).

Masuknya nama Raffi Ahmad ke dalam daftar penerima vaksin Corona pertama bertujuan buat memasyarakatkan kampanye vaksin aman dan halal. Mengingat sosok Raffi Ahmad sangat populer di media sosial hingga YouTube.

Raffi Ahmad pun merasa punya tanggung jawab usai disuntik vaksin COVID-19. Yaitu meyakinkan bahwa setelah vaksin tidak akan terjadi apa-apa buat mereka yang menerimanya.

Raffi Ahmad divaksinRaffi Ahmad dan Presiden Jokowi usai divaksin. Foto: dok. Instagram @raffinagita1717

"Jadinya kalau yang memang belum, kalau memang kita yang sudah, kita bagikan pengalaman kita ke mereka bahwa vaksin baik-baik aja tidak terdampak apa-apa aja. Pastinya mereka juga tergerak hatinya untuk vaksin juga," tutur Raffi Ahmad.

Setelah Raffi Ahmad, kabarnya artis lain yang akan divaksin adalah Ariel NOAH dan Risa Saraswati. Dua nama yang juga memiliki pengaruh di masyarakat lewat bidang masing-masing. Keduanya dikabarkan akan menerima vaksin di RSKIA Kota Bandung, Jawa Barat.

Risa Saraswati membenarkan kabar tersebut. Dia pun mengaku tidak sabar akan menjadi salah satu dari 10 orang yang menerima vaksin COVID-19 Sinovac di Kota Bandung.

"Saya sih semangat banget, memang nunggu-nunggu sih. Karena kan saya sehari-hari ngantor sebagai PNS gitu, terus saya juga ada kegiatan-kegiatan yang memang mengharuskan saya keluar rumah gitu, untuk kerja. Jadinya saya excited banget buat vaksin. Ya mudah-mudahan ini bisa jadi salah satu solusi di tengah pandemi ini," ujar Risa Saraswati.

(aay/doc)