Urgent! Andien Butuh Donor Darah untuk Sang Ayah di ICU

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 10 Jan 2021 17:56 WIB
Andien saat ditemui di kawasan Kemang.
Andien mengumkan sedang cari pendonor plasma konvalesen untuk sang ayah yang sedang di ICU Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Penyanyi Andien membutuhkan bantuan. Sang ayah kini tengah dirawat di ICU.

Lewat Instagram Story miliknya, Andien mengabarkan soal kondisi ayahnya. Dia menuliskan butuh donor darah untuk sang ayah.

"URGENT. Selamat siang kawan-kawan semua. Saat ini ayah saya atas nama Didik H membutuhkan plasma convalescent dengan Gol darah O rehesus +. Ayah saya saat ini dirawat di ICU RS Fatmawati. Adapun donor yang kami cari memiliki syarat: 1. Pernah terjangkit Covid 19 dan sudah swab evaluasi dengan hasil negatif. 2. Golongan darah O. 3. Laki-laki. 4. Bersedia dilakukan rapid test ulang," tulisnya.

"Apabila saudara/teman memiliki info terkait donor yang kami cari, mohon menghubungi narahubung kami di bawah ini. Daniel: 0813 98041422. Atas perhatian saudara kami ucapkan terima kasih. Andien," lanjutnya.

Itulah bunyi pesan yang disebarluaskan oleh Andien pada Minggu (10/1/2021) lewat Instagram Story-nya.

Dari postingan itu, Melly Goeslaw juga turut membagikan pesan tersebut. Melly berharap Andien segera menemukan dan mendapatkan pendonor untuk sang ayah.

"@andienaisyah sayang semoga lekas dapat bantuan ya," ucap Melly Goeslaw.

"Makasih banyak Mbak Melly," balas Andien.

[Gambas:Instagram]

Terapi plasma darah atau plasma konvalesen mengacu pada pengertian jika seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya. Jadi, plasma darah dari oang yang sudah sembuh dari suatu infeksi bisa diberikan plasma darah dari orang yang sudah pernah terinfeksi.

Sekarang ini untuk plasma penyintas COVID-19 akan diberikan kepada orang lain yang terpapar Corona.

Cara kerja plasma konvalesen diberikan dengan cara mengambil plasma darah yang sudah mengandung antibodi dari pendonor. Lalu, plasma darah itu akan ditransfusikan kepada orang yang membutuhkan.



Simak Video "Studi Plasma Konvalesen: Bisa Jadi Alternatif Namun Efektifitasnya Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/mau)