Komedian Abdel Pernah Rela Nyolong demi Putaw

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 03 Jan 2021 21:50 WIB
foto keluarga abdel
Abdel cerita dulu sempat kecanduan putaw / Foto: Instagram
Jakarta -

Tak pernah disangka Abdel kini dirinya bisa kembali membangun kehidupan yang sangat baik. Setelah 20 tahun lalu jadi pecandu narkoba, Abdel dan kehidupannya nyaris hancur.

Abdel mengawali karier di dunia entertainment sejak tahun 1989 sebagai penyiar radio. Saat itu dia yang baru lulus SMA menjadi penyiar.

Seiring berjalannya waktu, Abdel mengaku salah memilih teman dan tempat bergaul. Kesalahan itu yang membuatnya terjerumus ke naarkoba.

Putaw menjadi barang yang nyaris menghancurkan kehidupannya. Terlebih saat kecanduan putaw, Abdel tidak memiliki pekerjaan.

"Iya nggak terlalu mahal, tapi karena makenya sering jadi mahal. Harganya itu dulu terakhir gue make, 1 gram sekitar Rp 300 ribuan," ungkap Abdel di channel YouTube Crazy Nikmir Real, Minggu (3/1/2021).

"Sehari gue bisa 2 atau 3 gram. Lumayan, nggak punya penghasilan, tapi sehari ngabisin duit segitu, lama-lama nyolong juga," akunya.

Abdel mengaku pernah sampai harus nyolong demi bisa membeli putaw. Beruntungnya, Abdel saat itu hanya nyolong di rumah sendiri.

"Pernahlah (nyolong). Orang pakai putaw nggak nyolong bohonglah. Di rumah (nyolong) masih di rumah, nggak sampai nyolong di luar untung," ungkapnya.

Gara-gara putaw, kehidupannya semakin lama semakin hancur. Dia bahhkan sampai harus cerai dengan istri.

"Terakhir gue pakai putaw itu tahun 2000, 2001. Itu hidup gue udah hancur, keluarga hancur, termasuk cerai, kerjaan nggak ada. Kalau gue nggak berhenti selesai gitu hidup," tegas Abdel.

Nikita Mirzani pun saat itu mempertanyakan pada Abdel apa yang membuatnya merasa enak sampai terus mengonsumsi putaw.

"Susah (ceritain enaknya di mana) lo haru ngerasain enaknya gimana," tutur Abdel.

Belum lagi dampak yang disebabkan oleh putaw membuat komedian bernama lengkap Abdel Achrian itu merasakan benar-benar santai.

"Selow Nik (dampaknya), putaw nurunin metabolisme tubuh. Saat itu gue bukan laki-laki bertanggung jawab. Wajar kalau ada orang yang tak bisa berhubungan sama gue saat itu," ungkapnya.

Kini Abdel sudah sembuh dari narkoba. Dia sampai harus menjalan 3 kali rehabilitasi. Meski begitu, dia juga punya cara untuk mengatasi ketika dirinya kembali ingin mengonsumsi putaw.

"Yudah pastiin aja kalau lagi mau make jangan make, ngopi kek, tidur kek, salat, zikir, ngomong sama orang. Dulu awal-awal kalau lagi sakaw gue bilang sama orang, gue lagi sakaw nih temenin gue ya," itu dia lakukan agar tidak terpengaruh untuk kembali pakai putaw.

Setelah lepas dari belenggu narkoba, Abdel Achrian kini sudah menikah lagi dengan perempuan bernama Riani Wahyuningsih.



Simak Video "Menteri Informasi Lebanon Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/doc)