Olivia Zalianty Terus Gelorakan Semangat Bela Negara

Mauludi Rismoyo - detikHot
Minggu, 20 Des 2020 06:01 WIB
Olivia Zalianty rayakan Hari Bela Negara.
Foto: Olivia Zalianty rayakan Hari Bela Negara.
Jakarta -

Hari ini, Minggu (20/12/2020), diperingati sebagai Hari Bela Negara. Artis Olivia Zalianty bikin acara untuk memperingati hari tersebut.

Olivia Zalianty akan menggelar peringatan Hari Bela Negara dengan serangkaian acara, mulai dari upacara bendera, peluncuran novel sejarah, pembacaan puisi, dan melukis. Keseluruhan kegiatan yang diprakarsai Olivia, yang merupakan Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya, dikemas dalam acara bertajuk 'PUISI BelaNegara'.

Olivia Zalianty mengkoordinir peserta upacara yang dipilih. Mulai dari relawan BNPB, Kwarnas Pramuka, Perpusnas, Karyawan TVRI, dan seniman generasi lintas budaya akan ambil bagian mengisi upacara peringatan Hari Bela Negara. Sementara yang bertindak selaku pembina upacara adalah Prof Jimly Assiddiqie, yang merupakan Ketua Mahkamah Konstitusi 2003-2008 sekaligus Penasihat Yayasan Generasi Lintas Budaya.

Olivia Zalianty juga begitu bahagia karena acaranya bakal tambah spesial. Sebab akan ada peluncuran novel roman sejarah kisah nyata pejuang PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) yang bernama Awaludin Latief.

"Ini bakal luar biasa karena ada grand launching novel roman sejarah akan dilakukan secara virtual," ujar Olivia kepada awak media.

Selain itu, Olivia Zalianty mengadakan webinar live virtual Hari Bela Negara dengan pembicara utama Prof Jimly Assiddiqie, sejarawan LIPI, DR Asvi Warman Adam LIPI, dan Prof Anhar Gonggong. Nuansa peringatan hari nasional itu akan semakin kental dengan acara Puisi Bela Negara Generasi Lintas Budaya.

Di situ, Olivia Zalianty mengajak public figure dan tokoh lainnya untuk pembaca puisi Hari Bela Negara. Yang terlibat, lanjutnya, antara lain KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dan sejumlah artis seperti Happy Salma, Inne Febrianti, Marcella Zalianty, Prilly Latuconsina, Sha Ine Febrianti, Reza Rahadian, Lukman Sardi, hingga Widyawati.

"Terakhir, kami akan mengadakan gimmick menarik berupa kuis Bela Negara. Makanya, stay tune di akun YouTube Perpustakaan Nasional RI dan aplikasi zoom besok," tutur Olivia.

Lewat acara itu, Olivia Zalianty ingin mengingatkan kepada para muda-mudi akan pentingnya momentum Hari Bela Negara. Adik Marcella Zalianty itu juga mengajak warganet untuk selalu gelorakan semangat bela negara di setiap harinya.

"Bela negara bagiku adalah perjuangan setiap hari menegakkan kedaulatan. Saatnya kita melanjutkan bela negara. Setiap orang memang memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai bela negara, tapi bukan berarti tidak memiliki tujuan yang sama," kata Olivia.

(mau/dar)