Profil Iko Uwais, Sopir Truk Jadi Aktor Hollywood

Nanda Alifah - detikHot
Sabtu, 19 Des 2020 10:04 WIB
Iko Uwais sixpack
Profil Iko Uwais yang dikenal sebagai atlet pencak silat kini cemerlang dalam film Foto: instagram
Jakarta -

Iko Uwais dikenal sebagai bintang laga Tanah Air yang telah menunjukkan kemampuannya di kancah perfilman internasional. Uwais Qorny atau yang lebih dikenal dengan nama Iko Uwais merupakan aktor, koreografer, dan atlet.

Namanya melejit setelah memainkan peran dalam film laga berjudul The Raid I dan The Raid II.

Pria kelahiran 12 Februari 1983 ini berhasil membawa nama Indonesia dan memperkenalkan bela diri silat di kancah internasional, khususnya Hollywood. Sebab, film laga yang dia bintangi sukses di Hollywood. Selain menunjukan aksi bela dirinya, dia juga dipercaya sebagai koreografer dan berkolaborasi dengan aktor nyentrik Yayan Ruhiyan.

Selanjutnya, Iko Uwais juga sempat tampil di film aksi internasional Star Wars: The Force Awakens, banyak masyarakat yang menaruh bangga pada dirinya. Saat usianya menginjak 33 tahun, Iko hadir lagi dalam film aksi Headshot produksi Screenplay Infinite Films.

Film ini lagi-lagi dirilis secara internasional. Sedangkan di tahun berikutnya, Iko berperan dalam film Beyond Skyline yang disutradarai oleh Liam O'Donnell.

Atlet Pencak Silat

Sejak kecil, Iko Uwais sudah menekuni seni bela diri Indonesia, yakni pencak silat. Iko berguru di bawah naungan perguruan silat milik pamannya yang bernama Tiga Berantai yang merupakan aliran silat Betawi.

Setelah mempelajari ilmu beladiri dengan tekun, membuatnya menjadi atlet pencak silat terbaik di posisi ketiga pada turnamen 2003. Kemudian pada tahun 2005, dia menjadi pesilat terbaik di Kejuaraan Silat Nasional, kategori demonstrasi.

Iko UwaisIko Uwais Foto: (Leon Bennet/Gettyimages)

Gelandang Liga-B klub

Sebelum menetapkan hati sebagai atlet pencak silat, Iko sebetulnya ingin menekuni sepakbola. Dia sempat menjadi gelandang Liga-B klub sepakbola Indonesia. Namun sayang, sekolah sepakbola tempat dia mengasah kemampuannya bangkrut. Sehingga Iko pun menjajal kemampuannya sebagai pesilat.

Sopir Truk

Sebelum menjadi aktor terkenal, Iko Uwais pernah bekerja sebagai supir truk di perusahaan telekomunikasi. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Menikah

Aktor berusia 37 tahun ini telah resmi menikah pada 2012 lalu dengan seorang penyanyi, Audy Item. Keduanya telah dikaruniai seorang putri bernama Atreya Syahla Putri Uwais.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Iko Uwais Terpapar Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)