Gofar Hilman Kasih Tips Pitching Biar Dilirik Investor

Inkana Putri - detikHot
Selasa, 15 Des 2020 23:10 WIB
Xcelerate Business Competition
Foto: Inkana Putri
Jakarta -

Saat berbisnis, bertemu para investor atau partner bisnis menjadi hal yang umum. Dalam hal ini, pitching menjadi hal yang penting guna menarik para investor. Bicara soal pitching, di Xcelerate Business Competition, para peserta juga harus melakukan pitching terkait ide bisnisnya dalam waktu 3 menit. Dalam acara ini, Gofar Hilman, Founder Lawless Burger memberi tips dan trik Pitching bagi para peserta.

Gofar mengatakan saat pitching, hal utama yang harus diperhatikan adalah keunggulan dari produk yang ingin dijual. Menurutnya, pebisnis perlu mempresentasikan produknya secara to the point.

"Gue akan jual kenapa lo perlu beli barang gue, itu paling penting. Jadi sebenernya background-nya nanti belakangan karena 3 menit. Tiga menit itu adalah waktu yang riskan," ujarnya dalam acara Xcelerate Business Competition, Selasa (15/12/2020).

"Misalnya kan gue punya restoran burger, gue akan kasih tau kenapa lo harus beli burger gue karena 3 menit waktu yang terlalu singkat. Filosofinya mah entar belakangan," imbuhnya.

Kedua, Gofar menyebut rasa percaya diri juga tak kalah penting saat pitching. Mengingat hal ini juga menjadi faktor yang bisa membuat investor tertarik terhadap produk atau bisnis yang dijual.

"Dan yang terpenting kita harus PD (percaya diri) sama barang dagangan kita. Hal inilah yang harus dipunyai dan bikin investor ingin tahu lebih dan malah bisa kasih waktu lebih dari 3 menit," ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, sarana penunjang seperti slide presentasi harus sangat diperhatikan. Ia menyebut slide presentasi menjadi salah satu ujung tombak dalam pitching.

"Kalau gue perhatikan kalau misalnya slide presentasi adalah garda terdepan dari business line. Karena apapun kalau slidenya bagus, apapun omongan kita akan 90% didukung dengan slide yang bagus," katanya.

Dalam membuat slide presentasi untuk pitching, Gofar pun menyarankan agar sebaiknya menghindari menaruh banyak tulisan. Biarkan dalam slide hanya terdapat point-point penting.

"Dan saran dari gue kalau mau pitching ke investor atau meeting segala macem, bikin slide sesederhana mungkin. Jangan bikin slide dengan tulisan kecil-kecil, itu menurut gue sangat ganggu. Biarkan lo yang berbicara. Karena berikutnya ketika lo menjelaskan sama calon investor usahakan diikuti dengan gerakan tubuh," pungkasnya.

(mul/mul)