Bibi Ardiansyah Akhirnya Bertemu Yasonna Laoly, Minta Vanessa Angel Bebas?

Dicky Ardian - detikHot
Minggu, 13 Des 2020 07:41 WIB
Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah
Bibi Ardiansyah bertemu Yasonna Laoly. (Foto: Foto by: Marianus Harmita/Insertlive)
Jakarta -

Vanessa Angel kembali harus merasakan pahitnya mendekam di balik jeruji besi. Ia harus bertanggung jawab atas perbuatannya usai divonis bersalah atas kasus penyalahgunaan narkoba.

Yang membuatnya merasa hukuman ini semakin berat adalah karena harus meninggalkan suami, Bibi Ardiansyah, dan anaknya yang masih bayi, Gala Sky Ardiansyah.

Beberapa kali, Bibi Ardiansyah mencoba untuk menarik perhatian Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan HAM. Ia berharap istrinya dapat keringanan hukuman karena memiliki anak bayi yang masih harus diberikan air susu ibu (ASI).

Namun usaha itu belum juga berbuah manis. Yasonna Laoly tidak memberikan jawaban atas surat terbuka yang disampaikan Bibi Ardiansyah.

Namun kini, Bibi Ardiansyah akhirnya bertemu langsung dengan Yasonna Laoly. Hal itu diungkapkan Bibi Ardiansyah lewat sebuah unggahan di media sosial.

Dari foto itu terlihat Bibi Ardiansyah dan Yasonna Laoly seperti sedang bersepeda. Keduanya tersenyum ke arah kamera.

Sayangnya, Bibi Ardiansyah tidak menjelaskan secara rinci apa perbincangan yang dilakukan dengan Yasonna Laoly. Ia hanya menyebut ada pertanda baik yang bakal terjadi.

"Seneng banget ketemu idolaku pak @yasonna.laoly semoga pertanda baik maju terus KEMENKUMHAM INDONESIA!" tulis Bibi Ardiansyah.

Banyak yang akhirnya mendoakan pertemuan Bibi Ardiansyah dengan Yasonna Laoly tersebut bisa berdampak baik untuk Vanessa Angel.

"Ya Allah ..semoga mbak vanessa dapat keringanan hukuman, biar bisa ngASI lagi," tulis netizen.

"Semoga mami vanessa lekas bebas amin," komentar warganet lainnya.

"Wah.. semoga ya kak. Dan Pak @yasonna.laoly semoga bermurah hati untuk keluarga kk. Supaya Gala bisa jumpa ama maminya," sahut netizen lagi.

Bukan cuma Bibi Ardiansyah, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) juga melayangkan surat yang ditujukan untuk Yasonna Laoly.

Hal tersebut disampaikan AIMI lewat unggahan di Instagram. AIMI berharap pemerintah bisa memberikan pertimbangan soal ibu menyusui yang tengah mendekam di dalam tahanan.

"Tanggal 27 November 2020 lalu AIMI sudah melayangkan surat ke Kementerian Hukum dan HAM RI @kemenkumhamri yang juga ditembuskan ke Kementerian Kesehatan RI @kemenkes_ri terkait pertimbangan penerapan hukuman bagi ibu yang sedang dalam tahap menyusui bayinya, dalam hal ini terkait juga dengan kasus yg menimpa Vanessa Angel (VA)," tulis AIMI dalam Instagram miliknya.

"Semoga surat ini dapat memberikan pertimbangan wacana baru yang juga berlaku untuk kasus-kasus lainnya yang melibatkan narapidana perempuan yang memiliki bayi yang sedang dalam periode menyusui," sambungnya lagi.

"Ibu menyusui dan bayinya, di manapun mereka berada dan dalam situasi apapun (bahkan di berbagai kondisi krisis seperti bencana, perang atau dlm status sebagai tahanan), berhak untuk mendapatkan dukungan dan perlindungan menyusui yang sebaik baiknya dengan tetap mempertimbangkan aspek hukum yang berlaku. Infografis oleh @hidayatrahmat dari @id_ayahasi. #advokASImenyusui #advokASIAIMI #hakmenyusui #dukunganmenyusui," terangnya lagi.

(dar/mau)