Terdampak COVID-19, Tama Kangen Band Tetap Peduli Antar Sesama

Hanif Hawari - detikHot
Sabtu, 14 Nov 2020 20:00 WIB
Tama Kangen Band
Tama Kangen Band peduli sesama. (Foto: hanif hawari)
Jakarta -

Masih banyak musisi di Tanah Air yang belum pulih akibat pandemi COVID-19. Salah satunya yang terdampak adalah grup musik Kangen Band.

Semenjak virus Corona masuk ke Indonesia, pekerjaan mereka jadi berkurang. Pendapatan pun menurun karena tidak adanya pemasukan.

Hal itu diungkapkan oleh Tama Wijaya, gitaris Kangen Band. Tak ada penghasilan, ia pun terpaksa harus memutar otak.

"Saya pribadi sebagai musisi ya yang biasanya manggung-manggung sangat berdampak sekali. Jadi untuk mengatasi itu sendiri saya tetap berkarya, menciptakan lagu, dan tentunya disupport oleh tim manajemen," kata Tama Wijaya saat ditemui di kawasan Depok, Jawa Barat, Sabtu (14/11/2020).

Meskipun dirinya terdampak, namun keinginan Tama Wijaya untuk berbagi tidak berkurang sedikit pun. Ia mengadakan bakti sosial bersama Toni Suhartono selaku Ketua Yayasan JCUIM (Jokowi Center Unggul Indonesia Maju).

"Pasti adalah dari teman-teman, cuma kita tetap saling membantu, saling membahu untuk bagaimana caranya supaya terlepas dari kesulitan ini untuk mengatasi COVID-19 ini," ujar Tama Wijaya.

"Insyaallah kita akan merangkul musisi-musisi lain. Tapi tetap melalui Kangen Band ya," timpal Toni Suhartono.

Seperti diketahui, para pekerja seni tidak bisa bekerja secara normal seperti biasanya. Acara-acara musik ditiadakan karena mencegah terjadinya kerumunan dan penularan COVID-19.

Toni Suhartono pun melirik persoalan ini dan menjadikannya sebagai perhatian. Ia mengajak para musisi dan seniman untuk tetap berkarya dan jangan patah semangat. Walau dalam situasi pandemi, mereka harus tetap kreatif meskipun di rumah saja.

Untuk memicu semangat tersebut, Toni Suhartono akan berkolaborasi dengan Tama Wijaya dan Kangen Band. Gus Toni yang juga piawai bermain alat musik drum dan bernyanyi itu berencana akan merilis single dalam waktu dekat.

(hnh/mau)