Oki Setiana Dewi Raih Gelar Doktor

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 23 Okt 2020 17:23 WIB
Oki Setiana Dewi
Oki Setiana Dewi raih gelar doktor. (Foto: Instagram)
Jakarta -

YouTuber Ria Ricis tampak memberikan pelukan hangat sambil menangis kepada kakaknya, Oki Setiana Dewi, di Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Jumat (23/10/2020).

Saat itu, Oki Setiana Dewi memang tengah dinyatakan lulus dan meraih gelar doktornya. Ria Ricis yang hadir dalam sidang kakaknya itu pun langsung menghampiri dan memberikan pelukannya.

Dijelaskan Ria Ricis, ia merasa terharu dan bangga dengan sang kakak yang berhasil di jenjang pendidikan. Ia merasa tak dapat menempuh jalur itu layaknya Oki.

"Iya, soalnya aku nggak bisa, yang bikin terharu. Sebentar ya," ujar Ria Ricis sambil menangis.

"Selamat buat Kak Oki, aku bangga punya kakak sekaligus guru dalam hidupku. Waktu aku kuliah saja, aku ingat kalau Mba Oki itu orang pertama yang semangatin 'ayo adek bisa'," ungkap Ricis lagi.

Diceritakan Ria Ricis, Oki Setiana Dewi merupakan sosok yang selalu memberikan semangat untuknya dalam berkuliah. Masa kuliah Ricis yang terbilang cukup panjang pun berhasil ditempuh berkat dukungan sang kakak.

Terkait dengan itu, Ricis merasa sangat bangga dengan keberhasilan yang dicapai kakaknya itu dengan kondisi yang juga sedang mengandung.

"Sampai akhirnya tujuh tahun nyelesain, 'ayo adik bisa'. Padahal aku nggak percaya sama diri aku bisa nyelesain tujuh tahun kuliah. Tapi beliau yang selalu di depan nyemangatin aku kuliah," tutur Ricis.

"Jadi pas ngelihat keberhasilan dia sekarang, itu luar biasa karena memang nggak gampang. Belajar banget," sambungnya lagi.

Melihat keberhasilan Oki, Ria Ricis pun merasa sedih lantaran tak bisa seperti kakaknya itu. Ia merasa keberhasilannya ada pada bidang yang dimumpuninya. Ia bahkan berharap dapat melanjutkan pendidikan seperti sang kakak.

"Aku sedih nggak bisa kayak dia. Semua orang punya kelebihan di bidang masing-masing, jadi nggak ada kata nggak bisa sebenarnya. Mudah-mudahan bisa lanjutin sekolah," tegas Ricis.

Menanggapi aksi Ricis yang memberikan pelukan hangat sambil menangis, Oki Setiana Dewi pun mengaku terkejut. Oki menyebut adiknya itu jarang melakukan hal itu dan terkesan selalu cuek dengan dirinya.

Melihat Ricis yang memeluknya, Oki pun ikut meneteskan air mata. Ia merasa terharu dengan keadaan keluarganya yang bangga dan selalu mendukung keberhasilannya.

"Iya tadi itu Ricis peluk saya dan Ricis bilang begini 'boleh peluk nggak?'. Kenapa gitu, biasanya dia kan orangnya gengsian ya. Dia itu sayang sama kakaknya, tapi dia gengsi untuk bilang sayang, dia tadi peluk, terus aku bilang 'kenapa nangis? Tumben', terus dia bilang 'soalnya aku nggak bisa kayak Mba Oki, jadi aku nangis aku terharu, semoga Mba Oki bisa bimbing aku terus' gitu," cerita Oki.

"Sebenarnya dari tadi saya menahan supaya nggak nangis sih, supaya saya stabil berbicara di depan para penguji tadi. Tapi tadi setelah selesai ujian kemudian tadi Ricis peluk nangis, beberapa teman peluk saya juga nangis ya, jadinya nangis juga deh. Jadi ya alhamdulillah-lah," tutupnya.

(pig/mau)