Dituding Rusak Cagar Alam saat Main Motor Trail, Rizki Ridho DA Buka Suara

Hanif Hawari - detikHot
Rabu, 21 Okt 2020 16:02 WIB
Rizki Ridho DA
Rizki Ridho DA buka suara usai dituding rusak cagar alam. (Foto: hanif hawari)
Jakarta -

Pedangdut Rizki Syafaruddin dan Ridho Syafaruddin sedang menuai kontroversi. Hal itu terjadi karena keduanya baru saja nge-trail di sebuah lahan yang terletak di sekitar Gunung Guntur, Garut, yang dikenal sebagai 'Bromo KW'.

Pria kembar itu dituding telah merusak cagar alam. Pasalnya Rizki-Ridho masuk ke dalam kawasan konservasi.

Hal itu pun ramai di media sosial. Mereka menjadi perbincangan warganet karena berada di kawasan konservasi Cagar Alam (CA) Kamojang yang terletak di Tarogong Kaler.

Mengenai hal tersebut, Rizki-Ridho akhirnya buka suara. Mereka mengaku tak tahu soal wilayah yang disebut sebagai konservasi itu.

"Kita nggak tahu ya pertama kali untuk jalur ke situ, yang bawa ke situ. Terus yang kedua, kalau memang itu tempat yang dilarang, kalau memang tidak diperbolehkan, kenapa pas waktu kita yang dipermasalahkan. Kan banyak out roader-out roader yang lain," kata Ridho saat ditemui di kawasan Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (21/10/2020).

Begitu pula dengan Rizki, ia dan saudara kembarnya hanya diajak oleh temannya untuk olahraga trail di sana. Dan yang membuatnya heran, banyak orang yang nge-track di sana tanpa adanya larangan dari pengelola setempat.

"Kan kita juga mengikuti leader nih, kita juga nggak tahu menahu tuh soal gitu. Sudah gitu jalur kan sudah ada, kita hanya mengikuti saja dan masuk pun bayar. Kalau memang bayar berarti itu kan untuk umum, kan. Kecuali kalau memang Ridho pertama kali nge-trail, sudah gitu buat jalur sendiri, ngehancurin sendiri, nah itu baru," tandas Rizki.

(hnh/nu2)