Fakta Kebangkrutan Stephen Chow, Ada Sosok Mantan Pacar Yu Manfung

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 14 Okt 2020 21:26 WIB
Stephen Chow
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Stephen Chow bangkrut dan terlilit utang miliaran Rupiah. Mantan pacarnya, Yu Manfung, adalah sosok di balik kebangkrutan sang pemeran Shaolin Soccer itu.

Perseteruan antara Stephen Chow dan Yu Manfung sebenarnya sudah lama terjadi. Mereka berdua mulai bersitegang setelah putus di tahun 2010. Diketahui hubungan asmara Stephen Chow dan Yu Manfung telah terjalin sejak tahun 1999. Keduanya akhirnya berpacaran setelah cukup lama berteman.

Berikut fakta-fakta kebangkrutan Stephen Chow dan kaitannya dengan Yu Manfung:

1. Polemik komisi rumah mewah dengan Yu Manfung

Alice Yu Manfung, mantan kekasih Stephen ChowAlice Yu Manfung, mantan kekasih Stephen Chow Foto: dok. Istimewa

Stephen Chow dan Yu Manfung disebut memiliki sebuah rumah mewah di Hong Kong yang kemudian harus dijual. Atas penjualan aset tersebut, Yu Manfung menuntut komisi 10% yang berjumlah sekitar 80 juta dolar Hong Kong. Sejauh ini, Yu Manfung hanya menerima sejumlah 10 juta dolar Hong Kong.

Permasalahan ini sendiri sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 2012. Tidak beberapa lama setelah hubungan keduanya putus. Ketika itu, Yu Manfung menjadi rekan Stephen Chow dalam pendirian perusahaannya yang diberi nama The Star Overseas Limited

2. Yu Manfung pernah bekerja untuk Stephen Chow

Alice Yu Manfung, mantan kekasih Stephen ChowAlice Yu Manfung, mantan kekasih Stephen Chow Foto: dok. South China Morning Post

Yu Manfung pernah jadi penasihat keuangan perusahaan The Star Overseas Limited yang dibentuk Stephen Chow. Kala itu, Stephen Chow memberi janji akan menggaji Yu Manfung sebesar 20 ribu hingga 59 ribu dolar Hong Kong tiap bulannya.

Tidak hanya itu, dalam perjanjian yang mereka buat Stephen Chow setuju untuk memberikan 10% laba bersih dari perusahaan tersebut. Sayangnya perjanjian itu dilakukan secara lisan. Kini Stephen Chow tampaknya kewalahan membayar kewajibannya.

3. Utang pada investor

Stephen Chow, writer/director/actorStephen Chow Foto: Jean-Paul Aussenard/IMDB

Stephen Chow juga terlilit utang pada investor. Di tahun 2016, dia menandatangani perjanjian dengan investor yang bernilai investasi 1,33 miliar dolar Hong Kong. Dalam perjanjian tertulis bahwa keuntungan yang akan diperoleh oleh perusahaan Stephen Chow senilai 1,04 miliar dolar Hong Kong dalam empat tahun.

Meski di tahun keempat bisnis terbilang lancar dengan keuntungan yang cukup, namun di tahun keempat bisnisnya anjlok dan keuntungan tidak sesuai harapan. Hal ini terjadi karena pandemi Corona.

4. Stephen Chow menggadaikan rumah pribadinya

stephen chowstephen chow Foto: istimewa

Terkait utangnya pada Yu Manfung dan investor, Stephen Chow terpaksa harus menggadaikan rumah pribadinya. Rumah tersebut terletak di kawasan 12 Pollock's Path dan digadaikan kepada JPMorgan Chase Bank pada Maret 2020.

Seorang pembeli dilaporkan telah melakukan pendekatan untuk membeli rumah seluas 5.711 kaki seharga HK$ 1,1 miliar (sekitar S$ 198 juta) tetapi ia tidak melepasnya.

5. Gadai rumah disebut buat dana film

BEIJING, CHINA - JANUARY 11:  Film director Stephen Chow promotes film 'The New King Of Comedy' Press Conference on January 11, 2019 in Beijing, China.  (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)BEIJING, CHINA - JANUARY 11: Film director Stephen Chow promotes film 'The New King Of Comedy' Press Conference on January 11, 2019 in Beijing, China. (Photo by Lintao Zhang/Getty Images) Foto: Getty Images/Lintao Zhang

Stephen Chow disebut menggadaikan rumahnya untuk mencari dana buat film baru. Kondisi industri perfilman dunia selama pandemi Corona memang sedang parah. Sehingga dia butuh untuk membiayai film tersebut seperti yang ditulis beberapa media Hong Kong dan China.

(aay/dar)