Chelsea Islan Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabtu, 10 Okt 2020 11:18 WIB
Chelsea Islan
Foto: Instagram
Jakarta -

Kanker Payudara merupakan salah satu penyakit berbahaya. Chelsea Islan pun menganggap kesadaran tentang kanker payudara sangat lah penting, terutama bagi anak muda.

Meski masih muda, akan tetapi menurut Chelsea Islan, penyakit tidak mengenal usia. Maka itu, pemain sitkom Tetangga Masa Gitu itu pun mengajak untuk mencegah bahaya kanker payudara dengan mengenali gejalanya melalui deteksi dini yang disebut sebagai langkah Sadari (pemeriksaan payudara sendiri).

Deteksi dini berguna untuk mencegah efek yang lebih membahayakan bagi pengidap kanker payudara. Sebab semakin cepat mendapat pertolongan medis, pengidap kanker payudara juga memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk sembuh.

"Ketika mengikuti kegiatan Lovepink aku belajar bahwa banyak sekali anak-anak muda di bawah 25 tahun yang sudah terdiagnosa oleh kanker payudara," kata Chelsea Islan dalam webinar Bright & Brave: The Pink Side of Breast Cancer.

Ketika mengetahui fakta tersebut, awalnya bintang film Sebelum Iblis Menjemput itu tidak menduga.

"Awalnya aku kaget karena aku pikir awalnya anak muda tidak mungkin terkena kanker ketika muda, tapi akhirnya aku sadar bahwa memang kita perlu sadari sejak dini," tutur dia.

"Mulai dari sekarang, ayo mari kita lakukan Sadari dan juga bersama-sama kita memberikan awareness mengenai breast cancer. Mari kita support, mari kita deteksi dini, mari kita kalahkan kanker payudara," sambung dia.

Langkah pencegahan itu dapat dilakukan dengan memeriksakan payudaranya sendiri dan melakukan pemeriksaan klinis setiap tahun.

26 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia. Hari itu ditetapkan untuk membangkitkan kesadaran pada banyak orang mengenai bahaya kanker payudara dan pentingnya menjaga gaya hidup serta melakukan langkah pencegahan.

(srs/aay)