Jalan Panjang Vicky Prasetyo Bebas dari Penjara

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Kamis, 17 Sep 2020 07:00 WIB
Vicky Prasetyo
Jalan panjang Vicky Prasetyo untuk bebas. (Foto: detikcom)
Jakarta -

Vicky Prasetyo diprediksi bakal bebas dari penjara, jika penangguhan penahanannya dikabulkan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Jika tak ada halangan, Vicky Prasetyo akan menghirup udara bebas hari ini.

Memang sejak Vicky Prasetyo ditahan, pihak pengacara mengupayakan kliennya menjadi tahanan kota sehingga tak ditahan di rutan. Sayang saat itu belum dikabulkan, Vicky Prasetyo akhirnya masuk bui.

Rupanya upaya penangguhan penahanan itu akhirnya diapresiasi oleh hakim. Sehingga pihak Vicky Prasetyo berusaha mengupayakan persyaratan kebebasan kliennya.

"Yang pasti kami sudah melakukan upaya dan sudah diajukan dari hari Senin kemarin. Persyaratan-persyaratan yang kemarin hakim minta sudah kami penuhi," kata pengacara Vicky Prasetyo, Ramdan Alamsyah, ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020).

"Jadi kemarin pada saat sidang terakhir yang kemarin, bukan minggu ini, kami dan Jaksa dipanggil di hadapan majelis hakim masih terbuka sidang untuk umum. Dipertanyakan kepada kami dari majelis hakim bahwa 'apakah tim kuasa hukum tetap mengajukan proses penangguhan?', kami katakan 'yah betul yang mulia', dia jawab 'oke kalau seperti itu tolong dibuatkan surat jaminan dari pada keluarganya'," cerita Ramdan Alamsyah.

Sebelumnya, kata Ramdan Alamsyah, pihak Vicky Prasetyo sempat melakukan penjaminan penahanan yang datang dari adiknya, Beby Prasetyo. Sayangnya hal itu sempat ditolak. Sehingga Vicky Prasetyo menjadikan ibunya menjadi penjamin.

"Karena kemarin kita belum melampirkan surat jaminan keluarga, jaminan baru dari kuasa hukum dan adiknya. Tapi yang dimintakan lagi surat jaminan dari orang tuanya. Oleh karena itu hari Senin kemarin kami sudah sampaikan dan prosedurnya itu sudah diserahkan kepada pengadilan mudah-mudahan insyaallah besok 1-2 hari kita mendapatkan jawaban dan kepastian," bebernya.

"Ibunya Vicky yang menjamin, karena kemarin kan si Beby akhirnya nggak bisa, jadi orang tuanya," pungkasnya.

Sebelumnya Vicky Prasetyo diadukan oleh mantan istrinya, Angel Lelga, usai menggerebek sedang bersama Fiki Alman. Vicky Prasetyo dituduh melakukan perbuatan tak menyenangkan dan pencemaran nama baik terhadap Angel Lelga.

(fbr/nu2)