Profil Ade Firman Hakim, Aktor yang Meninggal karena COVID-19

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 14 Sep 2020 19:52 WIB
Ade Firman Hakim
Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Aktor Ade Firman Hakim meninggal dunia pada Senin (14/9/2020). Sang aktor meninggal setelah mengalami gejala COVID-19.

Ade Firman Hakim lahir 20 Oktober 1988 dan memulai kariernya di industri film Tanah Air sejak tahun 2010. Sebelum menjadi aktor, Ade Firman Hakim pernah menjadi finalis Abang None Jakarta wilayah Jakarta Barat di tahun 2008. Film pertama yang diperankannya adalah Bebek Belur.

Ade Firman Hakim meninggal di usia 31 tahun. Sepanjang hidupnya, sang aktor telah banyak main di film layar lebar Indonesia. Berbagai karakter pernah dia lakoni.

Berikut film-film yang pernah diperankan oleh Ade Firman Hakim semasa hidupnya:

1. 22 Menit

[Gambas:Youtube]


Ade Firman Hakim menjadi salah satu aktor di film 22 Menit. Dalam film yang diperankan oleh Ario Bayu tersebut, dia memerankan seorang Polantas. Dalam sebuah wawancara Ade Firman Hakim menyebut bahwa perannya tersebut mengubah pandangannya terhadap polisi.

"Yang tadinya negatif jadi positif," katanya ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, kala itu.

22 Menit adalah film yang disutradarai oleh Eugene Panji dan Myrna Paramita. Mengangkat tema keberanian warga ibukota dan kesigapan aparat kepolisian dalam mengatasi serangan teroris yang terjadi di kawasan Thamrin, Jakarta, pada tahun 2016.

2. Ustadz Jaga Jarak

[Gambas:Youtube]


Ustadz Jaga Jarak adalah salah satu proyek terakhir Ade Firman Hakim. Ini bukan film melainkan serial web yang ditayangkan di YouTube Menjadi Manusia. Ustadz Jaga Jarak menghadirkan kisah di tengah pandemi ketika semua orang terjebak di zona merah selama bulan Ramadan.

Ade Firman Hakim memerankan Ustadz Fahmi, seorang perantau yang tidak bisa pulang kampung menemui orangtuanya karena pandemi COVID-19. Di tengah proses swakarantina, Ustadz Fahmi membuka konsultasi online untuk mereka yang ingin belajar agama.

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

[Gambas:Youtube]


Ade Firman Hakim pernah berperan dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Di sini dia memerankan karakter Musso alias Paul Mussotte alias Muso Manowar, seorang pemimpin PKI yang aktif di era 1920-an.

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto merupakan salah satu karya sutradara Garin Nugroho. Ade Firman Hakim beradu akting dengan deretan aktor dan aktris seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Sujiwo Tedjo, dan lainnya dalam film ini.

4. Soekarno: Indonesia Merdeka

[Gambas:Youtube]


Sebelum Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Ade Firman Hakim juga pernah main dalam film bertema tokoh bangsa lainnya yaitu Soekarno: Indonesia Merdeka. Jika sebelumnya dia memerankan pemimpin PKI, maka di film ini berbeda. Ade Firman Hakim kebagian peran sebagai Chaerul Saleh.

Chaerul Saleh adalah seorang pejuang dan tokoh politik Indonesia yang pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri, menteri, dan ketua MPRS di antara tahun 1957 dan 1966. Sebelum kemerdekaan Chaerul Saleh menjabat sebagai Ketua Persatuan Pemuda Pelajar Indonesia.

5. Bid'ah Cinta

[Gambas:Youtube]


Dalam film yang dirilis tahun 2017 Bid'ah Cinta, Ade Firman Hakim memerankan karakter bernama Sandra. Sandra adalah seorang transgender yang ingin rajin beribadah. Karena perannya ini, Ade Firman Hakim pernah dinominasikan di kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji Kategori Film di Festival Film Bandung 2017.

Bid'ah Cinta merupakan film arahan sutradara Nurman Hakim yang sebelumnya telah menyutradarai film 3 Doa 3 Cinta. Film ini diperankan oleh Ayushita Nugraha, Ibnu Jamil, dan Dimas Aditya.

(aay/nu2)