Begini Kronologi Piet Pagau Positif COVID-19

Hanif Hawari - detikHot
Senin, 07 Sep 2020 20:33 WIB
Demi menyelamatkan masa depan PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia), Ketua DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) Parfi, Aspar Paturusi beserta anggotanya menggelar temu media di Gedung Parfi, Kuningan, Jakarta, Kamis (26/9) sore. Pada kesempatan itu, Piet Pagau didapuk jadi Plt Parfi 2019.
Kronologi Piet Pagau positif Corona. (Foto: dok. PARFI)
Jakarta -

Aktor senior Piet Pagau positif COVID-19. Pria 69 tahun itu akhirnya buka suara mengenai hal tersebut.

Saat dihubungi wartawan, Piet Pagau menjelaskan kronologinya. Hal itu berawal ketika Piet Pagau ingin syuting.

Kala itu, Piet Pagau tengah didapuk menjadi pemain di film terbarunya yang berjudul Penghuni Akhirat. Sebelum menjalani syuting, semua pemain dan crew diharuskan mengikuti SWAB test. Hal itu demi mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Dalam rangka persiapan syuting Penghuni Akhirat, kami (crew = 100 orang dan artis pendukung = 28 orang), setelah melalui proses latihan dan pembuatan kostum yang akan digunakan dalam film tersebut, pada hari Senin yang lalu kami di SWAB dan pada hari Selasa pagi diberitahukan bahwa saya positif COVID," ujar Piet Pagau, Senin (7/9/2020).

Ketika mengetahui hal tersebut, Piet Pagau langsung bergerak cepat. Ia mencari rumah sakit untuk mengisolasi diri.

"Selasa siang mencari RS untuk isolasi, tapi tidak berhasil karena RS-RS di Kota Bekasi penuh, sehingga terpaksa isolasi atau karantina mandiri di rumah," kata Piet Pagau.

Seminggu berlalu, Piet Pagau akhirnya mendapatkan ruangan di salah satu rumah sakit di bilangan Bekasi, Jawa Barat. Pemain Naga Bonar itu akan mengisolasi diri di sana selama 14 hari pertama.

"Baru tadi malam (Jumad 04 September) dapat kamar isolasi di RS Hermina Galaxy. Dalam status 'isolasi', tidak boleh ada yang menunggu atau besuk. Dalam keadaan normal, isolasi rata-rata dua minggu," imbuh Piet Pagau.

Terkait hal tersebut, Piet Pagau memberikan pesan. Ia meminta agar masyarakat menjaga kesehatan dan tetap waspada dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Selamat beraktivitas dan jaga kesehatan ya," pungkas Paman Raffi Ahmad itu.

(hnh/mau)