Jessica Mila Idap Skoliosis, Ini Gejala yang Dialami

Hanif Hawari - detikHot
Jumat, 14 Agu 2020 12:52 WIB
Jessica Mila
Jessica Mila idap skoliosis. Foto: Screenshot YouTube/Jessica Mila
Jakarta -

Jessica Mila mengidap skoliosis sejak duduk di bangku SMP. Tak jarang Jessica Mila mengeluhkan sakit di punggung bagian belakangnya.

"Iya gejalanya adalah suka pegel badannya. Di bagian tertentu tuh suka sakit, terus apalagi ya? Sebenarnya karena tulang belakang itu pusat semua syaraf jadi tergantung kayak dia kenanya ke bagian syaraf yang mana. Jadi setiap orang itu beda-beda," ujar Jessica Mila saat ditemui usai mengisi acara Santuy Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan.

Namun gejala tersebut tidak dirasakan oleh semua orang. Beberapa di antaranya ada sesak napas hingga sakit kepala.

"Ada temen aku yang dia kayak sesak napas jadinya. Ada yang jadi gampang migran, ada yang jadi gampang pegel-pegel tangan sebelah kanannya atau kaki sebelah kirinya. Jadi memang setiap orang beda-beda," kata Jessica Mila.

"Kalau aku yang aku rasain sih lebih ke sakit bagian tertentu di punggung aku aja sih. Jadi kalau misalnya aku berdiri terlalu lama atau duduk terlalu lama itu jadi pegel banget," tandasnya.

Jessica Mila mengaku skoliosis tersebut sangat mengganggu aktivitasnya. Apalagi dalam bekerja.

"Sebenarnya mengganggu kalau misalnya lagi kambuh. Karena pas lagi kambuh itu benar-benar kita nggak bisa ngapa-ngapain. Kayak nggak bisa minum obat sesuatu gitu," kata Jessica Mila.

"Jadinya memang untuk menjaga supaya nggak gampang sakit harus olahraga. Makanya aku sekarang rutin olahraga dan itu sangat membantu sekali," lanjut mantan pacar Mischa Chandrawinata itu.

Jessica Mila menduga tulang punggungnya yang bengkok karena faktor keturunan. Namun selain itu bisa jadi karena waktu masa pertumbuhan, posisi duduk Jessica Mila tidak berada pada posisi yang tepat.

"Mungkin ada sedikit faktor keturunan tapi yang pasti pada saat pertumbuhan mungkin aku posisi duduknya nggak benar. Mungkin waktu sekolah dulu suka miring. Atau kalau lagi tidur suka di satu posisi yang sebenarnya nggak bagus gitu kan. Kan yang bagus tidurnya lurus gitu ya. Atau bisa juga karena sering bawa beban. Misalnya bawa tas di sebelah kanan terus-terusan jadi lama-lama kayak bengkok gitu," pungkasnya.



Simak Video "5 Fakta Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/wes)