Profil YouTuber Turah yang Dituding Lakukan Pelecehan Seksual

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 06 Agu 2020 13:45 WIB
Turah Parthayana
Turah Prathayana dituding lakukan pelecehan seksual / Foto: (dok.IG/TurahParthayana)
Jakarta -

YouTuber Turah Parthayana jadi sorotan. Ia dituding melakukan pelecehan seksual.

Kasus ini pun jadi trending di Twitter. Sebenarnya, siapa Turah Parthayana?

Turah Parthayana diketahui adalah seorang vlogger dan YouTuber asal Bali. Ia mendapat beasiswa dan tengah melanjutkan pendidikannya di Rusia.

Ia merupakan mahasiswa di jurusan Manajemen Bisnis di Tomsk State University. Selama ini, Turah juga aktif mengembangkan channel YouTube miliknya.

Hingga kini Turah telah memiliki 1,16 juta subscriber di YouTube. Selama aktif di platform tersebut, Turah banyak mengabadikan kehidupannya selama menuntut ilmu di negara Rusia.

Di antaranya aktivitas yang kerap ia lakukan di luar kampus bersama teman-temannya di sana. Di salah satu video misalnya, ia mengabadikan momen saat dirinya tengah memasak dengan dua teman perempuan asal Rusia.

Turah Parthayana dituding melakukan pelecehan seksual kepada seorang perempuan berinisial J. Peristiwa itu disebut terjadi pada November 2019.

Kala itu Turah mengajak perempuan tersebut nonton bioskop, namun tak hanya sampai di situ. Dirinya disebut meminta sang perempuan memegang alat vitalnya.

Kelompok mahasiswa Indonesia di Rusia telah membuat pernyataan atas kasus ini. Mereka menyatakan dukungannya terhadap korban untuk membuka kasus pelecehan setelah setengah tahun lebih ditutupi.

"Salam, saya yang bertanda tangan dibawah ini atas nama ketua permira Tomsk menyatakan bahwa saudara Turah Parthayana telah melakukan tindakan pelecehan seksual secara terencana dan disadari. Terhadap saudari Jesselyn Abidin (Jeje) yang merupakan korban dari pelecehan seksual yang dilakukan oleh saudara Turah Parthayanan pada hari Sabtu 23 November 2019 di kamar 430 asrama Parus. Kami seluruh anggota Permira Tomsk mendukung korban secara moral dan telah memberikan sanksi sosial kepada saudara Turah Parthayana," bunyi pernyataan tersebut.



Simak Video "YouTuber Turah Parthayana Jawab Tudingan Lakukan Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)