El Ibnu Nyaris Bunuh Diri, Temukan Damai Usai Pindah Agama

Hanif Hawari - detikHot
Minggu, 19 Jul 2020 09:35 WIB
El Ibnu, vokalis Elkasih
Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Noventino Budi Lesmana menceritakan kisah hidupnya yang pilu akibat mengidap stroke. Mulai dari ditinggal istri, ditipu label, hingga tak punya penghasilan sama sekali karena kondisinya yang lumpuh tak berdaya.

Setelah resmi bercerai dengan sang istri, vokalis band Elkasih itu merasa hidupnya hancur berantakan. El Ibnu seakan marah besar terhadap takdir.

Melalui penuturannya kepada detikcom, saat itu emosi El Ibnu kalut tak karuan. Ia bahkan mengaku kehilangan kepercayaan terhadap Tuhan.

"Kalau balon, imanku meledak," ujar pria yang akrab disapa El Ibnu itu, kepada detikcom, belum lama ini.

Kejadian malang bertubi-tubi itu bak kiamat besar untuk El Ibnu. Tangis dan amarah pun seakan tak mampu menggambarkan perasaannya saat itu.

El Ibnu mengaku merasa begitu putus asa hingga sempat terpikir ingin bunuh diri. Menurut El Ibnu saat itu, apapun ingin ia lakukan supaya hidupnya benar-benar hancur.

"Lalu aku diam, mikir 'gimana ya cara hancurin hidup dunia akhirat,' lanjut El Ibnu.

Ketidakberdayaan El Ibnu dalam sakitnya kemudian membuat terus berpikir, hal apa lagi yang bisa ia lakukan demi merubuhkan hidupnya sendiri. El Ibnu lantas melakukan hal yang ia anggap akan membuat Tuhan sangat murka, yaitu meninggalkan ajaran agama yang selama ini dianutnya pada 4 Desember 2016.

"Tanpa mikir, tanpa katekisasi saya langsung daftar baptis selam di GBI diantar kakak angkatku," kata El Ibnu.

Setelah memutuskan untuk pindah agama, El Ibnu belum merasa lega. El Ibnu menyebut dirinya tetap ingin menghancurkan hidupnya sendiri.

Ajaran Kristen yang baru dianutnya tidak diterapkan sama sekali. Hari demi hari berlalu, El Ibnu yang berharap mendapat ganjaran Tuhan, justru merasa diselimuti oleh kedamaian.

"Tapi meski aku nggak ibadah, Tuhan berbicara langsung lewat Firman-Nya. Dan mataku dibukakan dan ngucap dalam hati," sambungnya.

Saat itulah titik balik untuk El Ibnu. Menurutnya, ia berhasil bangkit dari keterpurukan dengan kuasa Tuhan.

Kini, El Ibnu menjalani ibadah dengan taat di Panti Jompo Pneil, kawasan Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan, tempatnya dirawat. Bagi pria tersebut, Pneil adalah tempat yang baik untuk bangkit dan menunaikan kewajiban agama.

"Saya terus bertumbuh sendiri dan di Pniel lah ladang taburanku," ungkap El Ibnu.

"Fansku yang baik, terimalah abang. Abang masih sama bahkan lebih baik. Pesanku belajarlah hidup kudus dalam akal, laku dan ucap," pungkas El Ibnu.

--

*Hubungi nomor berikut kalau kamu tahu ada teman atau kerabat yang butuh bantuan terkait kesehatan mental, depresi, atau tendensi bunuh diri: LSM Jangan Bunuh Diri (021) 9696 9293 atau nomor gawat darurat 119.

(hnh/aay)