detikHot

celeb

Mpok Omas Meninggal, Twitter Berduka

Kamis, 16 Jul 2020 21:42 WIB Tim detikcom - detikHot
Omas meninggal dunia Foto: dok. Twitter Gading Marten
Jakarta -

Komedian serta seniman Betawi Omaswati meninggal dunia pada Kamis (16/7/2020). Duka mengalir di media sosial Twitter atas meninggalnya Omaswati.

Pantauan detikcom nama Mpok Omas menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak dicuit oleh netizen. Sehingga Mpok Omas berada di deretan trending topic Indonesia.

Ucapan belasungkawa, kesedihan, dan berduka atas kepergian Omas pun dituliskan warganet di Twitter. Beberapa di antaranya datang dari stand up comedian David Nurbianto.

"Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah satu lagi seniman Betawi panutan Mpok Hajah Omaswati. Selamat jalan Mpok Omas. Saya turut berduka cita," tulis David Nurbianto lewat Twitter @davidnurbianto.

Ternyata komika tersebut sudah punya niatan untuk mengajak Omaswati untuk membintangi proyek terbarunya. Sebuah serial berjudul Keluarga Betawi.

"Baru mau ajak Mpok buat jadi emak saya di project series Keluarga Betawi :((" tulisnya di cuitan yang sama. Sayang kini rencana tersebut pupus sudah.


Gading Marten juga mengungkapkan perasaan dukanya lewat sebuah cuitan berikut foto hitam putih Omaswati yang sedang tersenyum. Dalam foto tampak tulisan R.I.P Mpok.

"Kekallah Kenangannya, Tuhan kasihanilah. Istirahat yang tenang mpokkkk Omas," tulis Gading singkat.


Komika Zarry Hendrik juga ikut mengucapkan selamat jalan kepada Omas lewat sebuah tweet singkat.

"Selamat jalan, Mpok Omas." tulis Zarry.


Omaswati disebut meninggal karena sakit. Keponakan Omas, Ernie, menjelaskan bahwa Omas mengidap sakit gula.

"Iya penyakit gula," ucap Ernie.

Kondisi terakhir Omas juga diungkapkan oleh Dorce Gamalama lewat sambungan telepon kepada detikcom. Dorce membenarkan bahwa Omas memang sedang sakit beberapa waktu terakhir. Tak ingin beredar spekulasi soal sakit yang diidap Omas, Dorce menegaskan bahwa Omas tidak sakit Corona.

"Ya pokoknya bukan Corona. Ya sudah sakit," tutur Dorce. Dia juga sempat mengunggah foto di Instagram untuk mengucapkan selamat jalan kepada sang rekan.

Omas meninggal dunia di usia 54 tahun. Ia lahir pada 3 Mei 1966.

Bernama asli Omaswati, ia memulai karier dengan bermain lenong Betawi. Omas lahir di keluarga seniman karena saudaranya, Mandra, merupakan pelawak senior sekaligus aktor yang sudah banyak berperan dalam film dan juga serial televisi. Yang paling populer tentu saja Si Doel Anak Sekolahan.


(aay/aay)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com