Rekam Jejak Papa T Bob, Pencipta Lagu Anak Hits Tahun 90'an

Tim detikHot - detikHot
Jumat, 10 Jul 2020 17:22 WIB
Papa T Bob sakit
Foto: Instagram/Rekam Jejak Papa T Bob, Pencipta Lagu Anak Hits Tahun 90'an
Jakarta -

Pencipta lagu-lagu anak legendaris, Papa T Bob meninggal dunia pada Jumat (10/7/2020) . Kabar meninggalnya pria bernama asli Erwanda Lukas yang berusia 59 tahun ini diketahui melalui anaknya, Vargo T Bob.

Jenazah Papa T Bob langsung dikebumikan pada hari yang sama di TPU Jurang Mangu, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Beberapa bulan sebelum meninggal, dia dikabarkan mendapat perawatan di sebuah rumah sakit karena mengidap diabetes.

Berikut profil Papa T Bob:

1. Ciptakan Lagu Anak-anak Hits

Papa T Bob dikenal sebagai pencipta lagu anak-anak hits pada tahun 1990-an. Bukan hanya menciptakan lagu anak-anak, tetapi dia membesarkan nama beberapa artis cilik.

Lagu-lagu anak yang diciptakannya dan menjadi hits yakni'Diobok-Obok' (Joshua), 'Bolo-Bolo' (Tina Toon), 'Si Lumba-Lumba' (Bondan Prakoso), 'Katanya' (Trio Kwek Kwek), 'Du Di Dam' (Enno Lerian), Si Lumba-lumba (Bondan Prakoso).


2. Diganjar Penghargaan

Papa T Bob diganjar penghargaan pada Agustus 2019. Penghargaan diberikan karena Papa T Bob dinilai berjasa menciptakan lagu anak.

Penghargaan diinisiasi oleh Persatuan Artis Penyanyi Pencipta lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) DKI Jakarta dan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di sela acara Lomba Karya Cipta Lagu Anak di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Penghargaan tersebut diberikan dengan tujuan banyak pencipta lagu yang tertarik untuk melahirkan lagu-lagu anak. Apalagi, belakangan banyak anak-anak yang menyanyikan lagu orang dewasa.

3. Ciptakan Lagu Dangdut

Dalam Instagramnya, Papa T Bob juga menciptakan lagu dangdut dewasa, selain lagu anak-anak. Lagu yang diciptakannya 'Dong' yang dinyanyikan penyanyi Bebizy.

4. Lagunya Diduga Dicontek Kekeyi

Lagu Papa T Bob diduga dicontek YouTuber Kekeyi. Lagunya itu yakni 'Menulis di Atas Kertas'. Anak Papa T Bob, Vargo T Bob, menyebut bagian refrain 'Keke Bukan Boneka' sangat mirip dengan lagu yang ditulis oleh ayahnya tersebut.

Lagu 'Menulis di Atas Keras' dibawakan oleh 5 Bocah Centil yang beranggotakan Debora dan kawan-kawannya. Mereka eksis di era 1990-an.


5. Meninggal Usai Berjuang Melawan Diabetes

Sebelum meninggal dunia, Papa T Bob dikabarkan berjuang melawan penyakit diabetes. Mantan penyanyi cilik Tina Toon yang saat ini menjadi anggota DPRD menyebutkan hal itu.

"Diabetes. Aku dikabarin sudah minggu-minggu ini. Sekitar Rabu atau Kamis gitu kan masuk rumah sakit pas hari Kamis," kata Tina Toon kepada detikcom, beberapa waktu lalu.

Saat Papa T Bob sakit, Trio Kwek Kwek, sempat membawakan ulang lagu karangan Papa T Bob bersama-sama untuk menyemangati kesembuhan beliau. Mereka menyanyikannya lewat media sosial masing-masing.

"Tribute to Papa T Bob. Video ini kita persembahkan untuk Papa T.Bob karena tanpa beliau enggak akan ada Trio Kwek Kwek, dan enggak akan ada lagu-lagu ini. Tetap semangat lawan penyakitnya, oom! Biar bisa berkarya lagi," tulis Leony dalam unggahan di Instagram sembari membubuhkan emoji hati.

Lagu yang dinyanyikan Trio Kwek Kwek dengan online itu antara lain 'Bis Sekolah', 'Ku Takut Mamaku Marah' hingga 'Katanya'. Ketiga lagu itu karangan Papa T Bob dan melambungkan nama Trio Kwek Kwek saat itu.

Selamat jalan Papa T Bob!



Simak Video "Sang Anak Ceritakan Detik-detik Meninggalnya Papa T Bob"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)