detikHot

celeb

Fransen Susanto dari Cleaning Service Kini Tajir Melintir

Senin, 06 Jul 2020 08:16 WIB Prih Prawesti Febriani - detikHot
Rumah Fransen Susanto Fransen Susanto di kediamannya yang mewah. / Foto: YouTube/Boy William
Jakarta -

Fransen Susanto menjadi sorotan usai memberikan mobil mewah ke Raffi Ahmad. Ternyata ia dulu bekerja sebagai cleaning service.

Hal itu diakui Fransen Susanto saat menjadi tamu di Channel YouTube Boy William. Ia memang membuat orang bertanya-tanya soal kekayaan yang didapat selama ini.

Boy William salah satu orang yang kepo bagaimana Fransen Susanto bisa tajir banget. Ia ingin sekali belajar dari eksekutif produser RA Pictures tersebut.

"Gimana ceritanya lo bisa dapat ini semua bro? Lo harus ajarin orang-orang kayak gue," ujar Boy.



Fransen Susanto mengaku pengalaman hidup yang membuatnya kini bisa punya kemewahan. Ia merangkak dari bawah karena sempat bekerja sebagai cleaning service di Australia.

"Ini tentang pengalaman, tentang bagaimana kehidupan ngajarin kita, bukan gue yang harus ngajarin lo, tapi kehidupan yang ngajarin kita semua," ucap Fransen.

"Di bawah umur lo dulu, gue dulu cleaning service. Demi Tuhan."



Boy William yang mendengar pengakuan Fransen Susanto sempat shock. Ia tak menyangka atas apa yang diucapkan dari mulut Fransen.

Fransen Susanto jadi cleaning service karena saat itu dirinya juga bersekolah di Australia. Setiap pagi ketika itu ia mesti sudah bangun untuk bekerja demi memenuhi kebutuhannya selama berada di Negeri Kangguru tersebut.

"Dengerin ini bro, setiap pagi gue bangun jam 5, gue bikin telur untuk makan siang. Waktu itu gue lagi di Sydney. Gue sekolah di Sydney. Jam 5.30 gue sudah berangkat ke Town Hall Station untuk naik kereta. Sehari kita bisa bersihin delapan rumah, termasuk dapur, kamar mandi, dan parkiran juga. Belajar dari bawah itu indah bro," tutur Fransen.

Boy William sangat terinspirasi dari kerja keras Fransen Susanto. Ia masih terkejut Fransen dulunya cleaning service tapi kini jadi konglomerat.

"Kalau kita lihat pencapaian lo hari ini dan rumah ini, lo juga produser film dan juga pengusaha tekstil, gila kalau dipikir kalau lo mulainya dari cleaning service. Bener-bener menginspirasi," kata Boy.



Boy William lalu bertanya soal seberapa banyak uang yang dimiliki Fransen Susanto saat ini. Sayangnya, Fransen enggan menjawab detail mengenai hal tersebut.

Yang pasti Fransen Susanto tak pernah merasa puas atas apa yang dicapainya saat ini. Pengusaha yang sempat dikabarkan dekat dengan Ayu Ting Ting itu kemudian memberikan pesan ke Boy William untuk menjadi kaya.

"Seperti yang gue bilang kaya dalam arti apa? Kalau ngomong soal uang pasti nggak pernah cukup. Kalau lo sudah di atas, pasti lo masih mau lagi dan lagi. Jadi kalau ngomong sama orang tentang kekayaan, kalau untuk kaya itu nggak bisa dinilai dari uang tetapi dinilai dari kebaikan lo, teman-teman lo, dan lain-lain. Ingat jangan pernah sombong, ingat itu," pungkas Fransen.




Simak Video "Prilly Latuconsina Ngaku Sedih, Tak Ada Teman Artis Ajak Kencan"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com