Tak Hanya Jago Nyanyi, Saykoji Juga Peduli Lingkungan

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Minggu, 05 Jul 2020 10:45 WIB
saykoji peduli lingkungan
Foto: Saykoji mengisi acara satu tahun candi darling. ist.
Jakarta -

Sebagai musisi, Saykoji bukan hanya jago dalam urusan nyanyi. Saykoji juga peduli dengan lingkungan.

Hal itu terlihat dalam beberapa kesempatan. Salah satu anggota Saykoji, Igor, beberapa waktu lalu pernah terjun langsung dalam kepedulian lingkungan ini.

"Iya satu tahun lalu memang pernah terlibat langsung dalam penanaman beberapa pohon di Candi Prambanan dan beberapa Candi lainnya," ujar Igor.

Tak terasa sudah satu tahun lalu, Igor menanam pohon untuk menghijaukan daerah sekitar Candi. Kali ini perayaan satu tahun Candi Darling (Sadar Lingkungan) itu pun digelar. Bukan digelar secara langsung, melainkan digelar secara virtual.

Kali ini Igor tak sendiri, ia mengajak Saykoji dalam memeriahkan acara satu tahun Candi Darling. Melalui kesempatan itu, Saykoji memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada program Candi Darling.

"Kegiatan Candi Darling ini membuat saya tersentuh. Karena ternyata manusia termasuk generasi muda di dalamnya punya peran yang sangat penting terhadap keberlangsungan alam," buka Igor dalam kesempatan itu.

Tak hanya itu saja, Igor pun mengungkapkan kenangannya saat satu tahun lalu menanam pohon di Candi Prambanan.

"Seperti ketika saya tahun lalu menanam di Prambanan, saya jadi kangen banget untuk balik lagi dan melihat pertumbuhan pohonnya seperti apa," sambung Igor.

Igor pun sangat percaya, dengan adanya gerakan Candi Darling ini bisa menciptakan ikatan yang kuat antara generasi muda dan lingkungan.

"Nah, gerakan Candi Darling ini saya yakin dapat menciptakan ikatan yang kuat antara generasi muda dan lingkungan. Sehingga kita akan terus melakukan hal yang baik terhadap lingkungan di masa mendatang," ucap Igor lagi.

"Demi menjaga keseimbangan alam ini, kami secara konsisten berupaya untuk mendorong generasi muda yang berada di rumah agar senantiasa menjaga keseimbangan alam serta memelihara lingkungan dengan caranya masing-masing," kata Communication Director Djarum Foundation, Mutiara Asmara.


Seleb Indonesia Lainnya

Tak hanya Saykoji yang pernah melakukan penanaman pohon di area Candi. Sebelumnya ada juga beberapa selebriti Indonesia yang pernah melakukan hal itu.

Di antaranya RAN, Abdul 'Idol' dan juga The Changcuters juga pernah melakukan hal yang sama. Semuanya peduli dengan lingkungan.

"Sebagai musisi itu kita nggak hanya memberikan lagu-lagu untuk penggemar kita. Tapi kami juga ingin memberikan dampak positif ke penggemar melalui karya kami," urai Asta RAN kala itu.

Nino juga menambahkan sebenarnya RAN bukan kali pertama melakukan gerakan peduli dengan lingkungan. Sebelumnya grup musik ini juga pernah melakukan hal yang sama.

"Lingkungan ini isu semua orang, kalau peduli pada masa depan lingkungan yang lebih baik ya harus dilakukan dari hal-hal yang kecil," ucap Nino.



Simak Video "Dope! Ngerap Bareng Saykoji di Osiap!"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/tia)