detikHot

celeb

Terungkap! Salmafina Sunan Sakit Ini Usai 4 Bulan Tak Jumpa Orang Tua

Jumat, 26 Jun 2020 18:22 WIB Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Salmafina dan Sunan Kalijaga Salmafina Sunan ternyata sakit ini usai empat bulan tak jumpa Sunan Kalijaga. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Salmafina Sunan harus terbaring di rumah sakit usai empat bulan tak berjumpa orang tua. Kini terungkap sakit yang diidapnya.

Salmafina ternyata ada masalah lambung. Memang sakit itu muncul usai Salma berpisah dari Sunan Kalijaga dan keluarganya.

Salmafina pun sebelumnya diketahui tinggal di Bali. Bahkan sebelum pulang, dia sempat karantina diri selama 14 hari.

"Alhamdulillah, setelah kami terpisah dengan Salma selama 4 bulan lamanya, karena juga adanya waspada COVID-19 ini, kemarin alhamdulillah sekitar 3 minggu lalu, Salma sudah pulang ke Jakarta, namun demikian juga tidak pulang ke rumah, karena harus menjalani isolasi mandiri," kata Sunan Kalijaga di RS Pondok Indah, Puri, Jakarta Barat, Jumat (26/6/2020).


Sayang saat Sunan Kalijaga dan keluarga ingin menikmati temu kangen, Salmafina justru jatuh sakit. Awalnya Salma diungkapkan Sunan mengalami panas tinggi.

"Lalu kami kemarin sekeluarga sama adiknya Salma tentunya sudah kangen luar biasa karena sudah nggak ketemu secara fisik hampir 4 bulan. Di hari Salma mau pulang ke rumah, tiba-tiba malamnya Salma bilang badannya panas tinggi sampai 41 (derajat)," kata Sunan Kalijaga.

Hal tersebut membuat Sunan dan keluarga bingung, terlebih lagi di saat pandemi Corona. Padahal Salmafina Sunan sempat isolasi diri.

"Kita langsung bingung ada apa, bagaimana. Lalu saya juga tanya selama isolasi mandiri, Salma juga tidak keluar ke mana-mana hanya di dalam kamar saja. Lalu kemarin kita jemput, kita bawa ke rumah sakit untuk diperiksa semuanya secara global. Tahapan pemeriksaannya," kata Sunan.


Memang pemeriksaan itu, menurut istri Sunan Kalijaga, Heidy Sunan, Salmafina diperiksa di unit yang menangani masalah lambung. Sementara itu, Salma juga mengikuti prosedur kesehatan sesuai standar COVID-19 dan untungnya ia negatif.

"Jadi diperiksa ke unit gastro, karena memang dia bermasalah di lambung, ke spesialis gastro, ya hasilnya memang harus di USG dulu, CT scan dan sebagainya sampai akhirnya diputuskan masuk rumah sakit, itu juga tahapannya panjang. Karena rumah sakit mengharuskan untuk swab, di rapid, dan diperiksa toraks, alhamdulillah semuanya bagus, tapi sekarang masih," beber Heidy.

Heidy Sunan juga mengungkapkan Salmafina sebelumnya punya riwayat sakit maag yang bakal diidap seumur hidup. Menurut Heidy, hal itu disebabkan gaya hidup Salmafina Sunan yang kurang sehat, seperti pola makan yang tak sehat akibat diet.

"Jadi Alma itu punya penyakit maag akut, karena memang gaya hidup, mungkin suka diet, makannya telat, sudah gitu aktivitasnya banyak, jadi memang dia basicnya punya maag gitu dan sudah beberapa kali juga masuk UGD karena maagnya itu. Kemarin sampai ada panas, makanya sudah deh saya bilang dirawat saja, dicek secara keseluruhan, dan hasilnya alhamdulillah semua bagus, tapi memang maag. Dokternya sendiri bilang bahwa maagnya itu memang penyakit yang bahkan bisa jadi lifetime bisa seumur hidup tinggal, bagaimana kita me-maintainnya saja," beber Heidy.


Salmafina Sunan hari ini pun belum bisa pulang. Karena darahnya masih rendah dan dalam penanganan tes laboratorium.

"Rencananya hari ini sebenarnya mau pulang, tapi nggak jadi, karena HB-nya masih rendah. Saat ini Salma sedang diambil tes lab-nya lagi untuk terkait HB-nya rendah. Kalau memang kemarin kata dokter ada sedikit memang infeksi, namun demikian tidak ada hal yang mengkhawatirkan dan membahayakan. Alhamdulillah gitu," pungkas Heidy.




Simak Video "Ortu Tegaskan Salmafina Sakit Bukan Gegara Alkohol"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com