detikHot

celeb

Jefri Nichol Cerita Masa-masa Direhab dan Stigma Pemakai Narkoba

Jumat, 19 Jun 2020 13:22 WIB Desi Puspasari - detikHot
Jefri Nichol saat ditemui di PN Jakarta Selatan. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Tahun lalu, saat kariernya tengah moncer, Jefri Nichol terjerat kasus narkoba. Diketahui memakai ganja, Jefri Nichol menjalani rehabilitasi 7 bulan.

Pernah merasakan menjalani hukuman di penjara, Jefri Nichol merasakan dampak yang dirasakan. Menurut bintang film 'Habibie & Ainun 3' itu, hukuman penjara tidak menimbulkan efek jera untuk pengguna narkoba.

"Menurut saya, para pengguna sebenarnya lebih membutuhkan bimbingan yakni rehabilitasi, bukan sanksi penjara. Sanksi pidana menurut saya tidak menimbulkan efek jera," ungkap Jefri Nichol dalam Diskusi: Tentang Pemenjaraan Pengguna Ganja Medis.

"Berdasarkan penelitian tentang efektifitas penerapan pidana kurungan pada pelaku penyalahgunaan narkoba bukannya menimbulkan efek jera. Para pengguna kemungkinan bisa saja melakukan perbuatan yang sama setelah keluar nanti karena kurang bimbingan di dalam lapas," sambungnya.

Jefri melihat dari adanya pemberitaan soal peredaran narkoba di dalam maupun dari dalam penjara. Setelah tertangkap karena narkoba, Jefri Nichol mengatakan seorang pemakai membutuhkan bantuan untuk pemulihan.

"Bagi penyalahgunaan narkotika, mereka butuh dukungan untuk pulih, butuh wadah yang benar, dan sungguh-sungguh pemulihannya. Intinya siapapun orang yang mempunyai masalah tentang penyalahgunaan zat wajib untuk direhabilitasi bukan dikriminalisasi," bebernya.

Selama menjalani rehabilitasi, Jefri Nichol merasakan bagaimana dirinya bertemu dengan sesama pengguna. Di tempat rehab mereka saling membantu untuk bisa lepas dari narkoba.

"Prosesnya para pasien di dalam RSKO, waktu itu saya di RSKO, pasien di dalam RSKO itu dikasih kegiatan yang tujuannya bakal terbawa kegiatan dalam RSKO terbawa keluar. Sehingga di luar tetap melakukan kegiatan positif yang terbiasa dilakukan di RSKO," cerita Jefri.

Dia juga miris ketika beberapa stigma pemikiran tentang pemakai narkoba adalah salah satu tindakan kriminal berat. Jika terus menerus dipandang negatif bisa membuat pemakai kehilangan jati dirinya.

Bisa saja pengguna narkoba setelah sembuh tetap dikucilkan. Sehingga menyebabkan mantan pemakai kesulitan untuk gabung kembali dalam kehidupan bermasyarakat.

"Menurut saya, tidak seharusnya pesakitan narkoba digembar-gemborkan sebagai penjahat. Karena itu bakal menciptakan stigma masyarakat terhadap si mantan pengguna ini," ucapnya.

"Jadi emang nggak tepat kalau ada pengguna digembar-gemborkan dengan masyarakat seakan-akan mereka merugikan masyarakat kayak koruptor atau pembunuh misalnya," tegas Jefri Nichol.




Simak Video "PSBB Jadi Alasan Jefri Nichol Tak Hadiri Sidang Kasus Wanprestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com