4 Bulan di Kanada, Ini Biaya yang Dihabiskan Pangeran Harry-Meghan Markle

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 17 Jun 2020 20:45 WIB
Britains Prince Harry and Meghan, the Duchess of Sussex, leave after attending the annual Endeavour Fund Awards in London, Thursday, March 5, 2020. The awards celebrate the achievements of service personnel who were injured in service and have gone on to use sport as part of their recovery and rehabilitation. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Pangeran Harry dan Meghan Markle. AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Jakarta -

Dalam sebuah rilis yang dikeluarkan pihak kepolisian Kanada, disebutkan total biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk membiayai Pangeran Harry dan Meghan Markle selama berada di sana. Berapa ya?

Pasangan tersebut ternyata menghabiskan dana sebesar 56,384 dollar atau senilai Rp 800 juta. Biaya itu hanya untuk pengamanan selama berpergian dan akomodasi dalam dua bulan.

Pihak kepolisian menyebutkan keduanya menghabiskan 600 poundsterling atau Rp 10 juta per hari dari dana pajak yang diambil dari para warga Kanada. Biaya tersebut pun meningkat karena keduanya membutuhkan pengamanan ekstra karena ulah paparazi.


Dan pada akhir Februari, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan Pangeran Harry dan Meghan tak lagi dibiayai oleh mereka. Hal itu dikarenakan mereka telah resmi mengundurkan diri dari Kerajaan Inggris.

Namun ternyata Royal Mounted Canadian Police atau satuan pengamanan khusus anggota kerajaan Kanada baru resmi menyudahi tugas mereka menjaga Pangeran Harry dan Meghan Markle pada 14 Maret, sehari sebelum keduanya pergi ke Los Angeles.

Sehingga jika ditotal-total, maka pengeluaran pemerintah Kanada untuk pasangan tersebut selama empat bulan adalah Rp 1,6 miliar hanya untuk pengamanan resmi. Angka tersebut di luar dari pengamanan ekstra yang mereka gunakan serta biaya sewa tempat tinggal selama di sana.


Harry dan Meghan menetap di Vancouver bersama si kecil Archie pada November 2019 lalu dan tinggal di rumah mewah seharga 18 juta poundsterling atau senilai Rp 320 miliar sebelum memutuskan untuk pindah ke Los Angeles pada Maret kemarin.

Hal itu sempat membuat 80 ribu warga Kanada mengajukan protes atas penggunaan uang pajak hanya untuk membayar biaya perlindungan pasangan tersebut. Mereka pun senang saat keduanya memutuskan untuk pergi ke Los Angeles dan meninggalkan negara tersebut.



Simak Video "Pangeran Harry-Meghan Markle Teken Kontrak dengan Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/mau)