Langkah Bintang Emon Tes Narkoba saat Difitnah Dinilai Tepat

Hanif Hawari - detikHot
Selasa, 16 Jun 2020 14:45 WIB
Bintang Emon
Bintang Online Foto: Dok. Instagram/bintangemon
Jakarta -

Bintang Emon difitnah menggunakan narkoba oleh buzzer di media sosial Twitter. Tak banyak bicara, sang komedian langsung tes urine di rumah sakit untuk membantah tuduhan tersebut.

Langkah Bintang Emon dinilai tepat oleh Pakar media sosial dari Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi. Menurutnya, dengan cara itu, Bintang Emon bisa mematikan hoax tersebut dengan bukti yang kongkret.

"Kalau kita menerima seperti itu, yang dilakukan oleh Emon sudah benar. Dituding narkoba dia langsung periksa. Itu sudah mengalahkan (tuduhan). Jadi bikin kontra narasi berbasis data dan fakta yang kuat," kata Ismail Fahmi, saat dihubungi detikcom, Selasa, (16/6/2020).

"Nggak usah banyak ngecap bla bla bla, karena bukti itu berbicara banyak hal dan bisa menjatuhkan, mematahkan serangan-serangan klaim fitnah itu," sambung.

Ismail Fahmi menyebut, masyarakat bisa meniru apa yang dilakukan oleh Bintang Emon. Karena diam bukanlah solusi.

"Jadi ketika punya bukti tunjukkan, jadi kita berbicara dengan bukti dan data. Nah kalau udah kayak gitu artinya kan udah, mau nyerang apanya lagi kan. Diserangnya kan takut tuh dites, nah dia sendiri langsung tes. Bagus sekali," tutur Ismail Fahmi.

"Apa yang dilakukan Emon itu salah satu contoh pelajaran buat siapapun untuk bagaimana menghadapinya. Nggak takut, langsung tunjukkan kasih bukti. Jangan diam, kalau diam itu kan liar adumsi orang. Dan fitnah itu akan terus menerus. Karena orang itu nunggu sampai ada bukti," pungkasnya.



Simak Video "Positif Corona, Bintang Emon Ngaku Di-endorse COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/dar)