detikHot

Round Up

Saat Refly Harun Tanya UAS tentang Ayana Moon

Kamis, 11 Jun 2020 22:05 WIB Tim detikhot - detikHot
Ustaz Abdul Somad Ustaz Abdul Somad diajak foto bareng Ayana Moon Foto: Instagram
Jakarta -

Ahli Tata Hukum Negara, Refly Harun berbincang dengan Ustaz Abdul Somad soal negara. Tapi tiba-tiba, ada celetukan yang menggelitik ketika Refly bertanya tentang Ayana Moon kepada UAS.

Dalam channel Youtube Refly Harun berjudul 'PART II: PECAH LAGI!!! ADA AYANA MOON DALAM BINCANG REFLY-USTADZ ABDUL SOMAD' Refly menggoda UAS soal Ayana Moon. Di sekitar menit ke-18, Refly bertanya tentang kemunculan nama Ayana Moon.

"Ustaz itu tiba-tiba bilang Ayana Moon apa itu?" tanya Refly Harun kepada UAS dilihat, Kamis (11/6/2020).


"Saya presentasi bedah buku di Islamic Book Fair, Jakarta. Setelah presentasi ada orang mau nyerahkan buku ke saya, mau foto. Itulah youtuber, Instagram (selebgram) Ayana Moon. Lalu foto, hanya itu saja," jawab ustaz Abdul Somad.

"Nggak pernah komunikasi lagi?" timpal Refly.

"Nggak lebih," tegas UAS.

Mendengar jawaban UAS, Refly Harun justru menggoda soal jodoh. Refly berharap Ayana Moon mendengarkan perbincangannya dengan UAS.

"Tapi kan kalau Tuhan menjadikan jodoh nggak apa-apa juga?" goda Refly.

"Bang Refly tampaknya mancing-mancing juga tuh," kata UAS tertawa santai.

"Jodoh kan di tangan Yang Maha Kuasa, Taz. Mudah-mudahan Ayana Moon mendengarkan ini," sambung Refly yang kemudian kembali ditimpali UAS, "Ini nanti dipotong netizen lagi nih Bang."

"Oh jangan! Kita nanti kasih timer-nya, jadi kelihatan tuh kalau potongan. Kalau sudah dikasih timer kan tak boleh dipotong-potong. Tapi Taz, apapun hidup ini Nabi pun juga penuh dengan fitnah kan? Bahkan Nabi Muhammad saja awal-awal dakwah saja, khalifah juga gitu. Kalau kita manusia biasa penuh dengan makian, buzer, itu menurut saya latihan juga untuk jadi manusia kuat," tutur Refly.

Candaan itu ternyata berawal dari adanya foto UAS yang diposting oleh Ayana Moon. Di foto tersebut, terlihat UAS memegang buku bersama Ayana yang berjudul 'Ayana Journey to Islam'.

"Akhirnya saya bisa bertemu Ustadz Abdul Somad. Sebenarnya saya ingin sekali bertemu Ustadz sejak dulu tapi belum diberi kesempatan. Saya merasa terhormat bertemu dan bisa memberi buku saya untuk Ustadz Abdul Somad. Terima kasih saya sudah diizinkan foto bersama @ustadzabdulsomad_official," tulis Ayana pada postingan tersebut.

Ayana Moon merupakan selebgram asal Korea Selatan. Ia memang cukup sering jadi perbincangan, salah satunya setelah memutuskan berhijab. Ia juga mengajak serta sang adik untuk mualaf.


Dari sana, banyak netizen Indonesia yang menyukai sosok Ayana Moon. Pun sepertinya sebaliknya, Ayana juga kerap berada di Indonesia bahkan dalam salah satu unggahannya, ia menyebut kangen untuk kembali ke sini.

"One with my book #AyanaJourneytoIslam at the Gramedia bookstore in Grand Indonesia. I've been really busy these days. I want and need to get some rest but I have a heap of work and study to do. Btw, Kangen Indonesia馃槩 Saya harap saya bisa cepat pergi ke Indonesia," tulisnya dengan beberapa hastag masakan dan toko buku di Indonesia.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Refly Harun Sebut Putusan MA Menangkan Gugatan Rachmawati Tak Manfaat"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com