Tutup Enam Kartu Kredit, Ivan Gunawan Mau Ngerem Pengeluaran

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 08 Jun 2020 19:04 WIB
ivan gunawan
Foto: dok. ivan gunawan
Jakarta -

Ivan Gunawan telah memutuskan untuk tak lagi menggunakan kartu kredit. Ia mengaku telah melunasi beberapa kartu kredit dan tak lagi mau menggunakannya.

Disebut Ivan, ia telah melunaskan enam kartu kreditnya. Ivan juga akan segera melunaskan sisa kartu kreditnya yang saat ini masih ada di tangannya.

"Sudah sampai hari ini sudah enam kartu kredit," ujar Ivan saat ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Senin (8/6/2020).

"Masih ada lagi. Karena kan kemarin waktu Desember aku masih jalan-jalan kan, masih ada sisa-sisa utang jalan-jalan kemarin. Ya doain, insyaallah bisa hidup tanpa kartu kredit," lanjutnya.


Kini masih ada empat kartu kredit yang belum ia lunasi. Ivan juga mengaku telah berpikir lama untuk memantapkan diri hidup tanpa kartu kredit.

"Masih ada empat lagi, kebetulan itu yang besar-besar lagi. Jadi yang bisa aku lunasin, aku lunas-lunasin," tuturnya.

"Mikir berapa lama ya, sempat berapa bulan sih. Maksudnya walaupun aku bayar kartu kredit, berusaha untuk bayarnya tuh full," jelasnya.


Mengingat pandemi Corona saat ini, Ivan berpikir untuk menerapkan hidup yang tidak terlalu konsumtif.

"Tapi kan maksudnya dalam situasi seperti sekarang ini ada kalanya juga mungkin nggak terlalu kita harus bayar terus gitu lho. Harus ada yang direm juga. Karena kan nggak setiap hari uang masuk kan. Jadi belajar untuk lebih tidak konsumtif di era sekarang," tutupnya.



Simak Video "Disebut-sebut Segera Naik Pelaminan, Apa Kata Ivan Gunawan?"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/mau)