detikHot

Round-Up

Tuduhan Rasial pada Selebgram Arif Muhammad 'Mak Beti'

Sabtu, 06 Jun 2020 23:00 WIB Tim Detikhot - detikHot
Arif muhammad mak beti Foto: Instagram
Jakarta -

YouTuber Arif Muhammad yang dikenal lewat karakter Mak Beti mendapatkan masalah belakangan ini. Sempat memperagakan menjadi orang berkulit hitam dan menyerukan seruan #blackouttuesday di vlog terbaru, tapi ia malah mendapatkan tuduhan rasial.

Permasalahan ini bermula dari unggahan Arif yang mengecat wajah dan tangannya menjadi hitam. Ia tampak mengenakan baju gombrong dan bergaya telunjuk ke atas dengan ekspresi marah.

Tak disangka aksinya memicu kemarahan netizen. Salah seorangf selebgram lainnya bernama Cindercella menghardik Arif.

"Gw sampe gatau lg mau ngmg apa.. NAJIS. DO YOU THINK THIS IS A JOKE??? Please bantu report dan block this account," ujarnya sambil mengunggah foto Arif di Instagram Stories-nya.



Arif pun mengklarifikasi permasalahan tersebut dan mengatakan foto itu bukan bermaksud mendukung gerakan rasialisme.

"Salam kenal, aku Arif a.k.a Mak Beti. Mengenai postingan aku yang mewarnai kulit aku menjadi hitam, niat hatiku paling dalam adalah berbuat baik serta mendukung movement ini. Karena dalam konten ku yang sudah jalan 4 tahun lebih. Aku sudah menciptakan karakter Wak Keling," tulis Arif dalam DM kepada Cindercella.

Dia juga meminta maaf kalau aksinya menuai kontroversi. Dengan rendah hati, Arid mengatakan kurangnya literasi dan wawasan mengenai hal tersebut

"Kita satu visi, hanya saja aku yang miskin ilmu pengetahuan soal hal yang terjadi. Maaf aku salah menyampaikan dalam bentuk gambar dan penempatan hashtag. Terima kasih sekali lagi untuk tegurannya, semoga dalam lindungan Tuhan dan sehat selalu," tutup Arif.




Simak Video "Ini Dia Sosok Pria di Balik Karakter Mak Beti"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com